Kapasitas Birokrasi Pemerintah Dinilai Cukup Membanggakan

POLITIKNKRI.com – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Sofyan Effendi mengatakan, kapasitas birokrasi pemerintahan sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai hasil yang cukup membanggakan.

Selama pemerintahan Pak Jokowi naik 24 peringkat. Sekarang, kita kalau diberikan skor dari 0 sampai 100, kita sudah 54,8. Dan itu baru ASN yang bisa mendorong Indonesia dari lower middle income country,” ujar Sofyan dalam diskusi yang digelar di Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Melihat tren yang membanggakan itu, kata Sofyan, pada 2020 Indonesia akan masuk dalam kategori upper middle income country.

Kalau di negara Asia yang sudah upper mid income rata-rata ASN sudah 73 atau 75. Kita masih 54. Jadi, kita harus naikkan agar setara dengan Malaysia dan Thailand,” tambah Sofyan.
Terkait dengan reformasi birokrasi, KSAN diakui lebih fokus untuk meningkatkan kapasitas ASN. Namun, hal itu diyakini tidak mustahil untuk dicapai. Indonesia, menurut Sofyan, masih berada di kategori negara berpendapatan menengah dan bawah. Di bawah Indonesia masih ada Vietnam.

“Nah, kita perlu menaikkan ASN 20 peringkat. Untuk samai Korsel, kita harus naik 15 poin lagi dari Malaysia,” ucap Sofyan.

Artikel ini telah tayang di beritasatu.com dengan judul Kapasitas Birokrasi Pemerintah Dinilai Cukup Membanggakan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram