Mengenal Kratom, daun Herbal yang Kontroversial

Nama ilmiah daun ini Mitragyna speciosa dan berasal dari Asia Tenggara. Gak banyak yang tau daun ini bre, bahkan hingga saat ini, masih banyak pro kontra mengenai kratom, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Kratom adalah daun yg biasanya di olah jadi teh, dikunyah ataupun dijadikan pil gitu kalau di Amerika, jika digunain dosis rendah katanya bisa ngurangin lelah saat ente kerja ataupun lembur.

 

Terus apa sih daun kratom itu ?

Gak semua orang tau daun kratom bre, walaupun daun ini banyak di Kalimantan Barat tapi daun ini banyak juga ditemuin di daerah Asia Tenggara kayak Malaysia, Thailand, Myanmar. Di Kalimantan Barat, daun ini adalah penghasilan tambahan untuk petani disana bre, para petani yang biasanya nanem karet ataupun kelapa sawit katanya pada pindah profesi karena daun yang sedang populer ini. Menurut petani disana, daun ini bisa sampai 400 ton per bulan di impor ke negara amerika dari sumber yang ane baca.

 

Manfaat daun Kratom ?

Meminum daun ini yang di olah menjadi teh katanya pun bisa menghilangkan kecanduan narkoba secara alami gitu, walaupun kabar yang beredar seperti itu tapi peneliti melakukan pengamatan ke seseorang, yaitu jika gunain daun ini dalam waktu jangka panjang, seseorang akan mengalami perubahan emosional seperti permusuhan, agresi, dan tulang yang ngilu dan telah mengonfirmasi sifat adiktif dari daun kratom ini.

Apa sih efek nya ke tubuh ?

Bahaya daun kratom kalau disalahgunakan bisa bikin ketergantungan ataupun overdosis, karena saat daun ini di olah gak ada dosis yang dianjurkan bre , jika kratom dikonsumsi dalam dosis tinggi, sekitar 10 hingga 25 gram, dapat memberikan efek sedatif seperti Narkotika.

Apakah masih aman digunakan sebagai obat?

Kontroversi kratom timbul karena efek samping yang ditimbulkannya.  Orang yang minum daun ini secara terus menerus dapat menyebabkan kecanduan, anoreksia, dan insomnia. Dalam dosis rendah daun ini pun dapat menyebabkan efek samping seperti halusinasi dan anoreksia. Di Indonesia, kratom telah dimasukkan dalam daftar New Psychoactive Substances (NPS) oleh Laboratorium Badan Narkotika Nasional (BNN) Hanya saja, kratom belum dicantumkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13 tahun 2014.

Sampai saat ini belum dikeluarkan aturan mengenai kratom, walaupun daun ini sudah dijual secara bebas tapi ente kudu hati-hati ya mengkonsumsi daun ini.

SUMBER : https://www.kaskus.co.id/thread/5c91bed382d495199c6a586b/mengenal-kratom-daun-herbal-yang-kontroversial/?ref=homelanding&med=hot_thread&style=card

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram