Kementerian ESDM Ajak Mitranya Bantu Warga yang Belum Dapat Listrik

POLITIKNKRI.com – Hingga saat ini masih ada 1,5 juta masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik. Oleh karena itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengajak 135 perusahaan yang merupakan mitranya untuk membantu memberikan sambungan listrik bagi warga, terutama yang tidak mampu.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan perusahaannya hanya mampu memberikan bantuan sambungan listrik gratis sebanyak 300 ribu jiwa. Ini merupakan bagian dari program perusahaan yang dilakukan setiap tahunnya.

Keterbatasan dana yang dimiliki perusahaan untuk program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), membuat PLN tidak bisa memberikan bantuan kepada seluruh warga yang belum terlistriki. Makanya, butuh dukungan perusahaan lain untuk membantu warga mendapatkan akses listrik.

Pemerintah telah menargetkan tingkat keterjangkauan listrik atau rasio elektrifikasi nasional mencapai 99,9 persen tahun ini. Untuk merealisasikan hal ini, Kementerian ESDM akan mengajak Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintah daerah, dan perusahaan lainnya untuk membantu.

“Mereka kan sudah usaha di indonesia tolong bantu saudara yang belum dapat listrik,” kata Djoko, di Gedung Kementerian ESDM, Kamis malam (21/3).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan Menteri ESDM Ignasius Jonan telah mengirimkan surat kepada Pemda di beberapa wilayah untuk membantu masyarakat yang tidak mampu mendapatkan sambungan listrik. Dari Surat Menteri ESDM Nomor 40/26/MEM.I/2019 yang dikirim pada 1 Februari 2019, ada beberapa yang sudah memberikan jawaban.

Lima Pemda telah menyatakan akan memberikan bantuan dari Program Pasang Baru Listrik (P2BL) yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Lima wilayah tersebut diantaranya, Sumatera Utara akan memberikan bantuan kepada 800 RT, Sumatera Barat 272 RT, Gorontalo 850 RT, Jawa Tengah 11 ribu RT, dan Banten 10 RT.

Sudah ada kabel dan pembangkit, tapi daya belinya tidak ada kerena masyarakatnya tidak mampu,” kata dia, di Jakarta, Jumat (8/3).

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul Kementerian ESDM Ajak Mitranya Bantu Warga yang Belum Dapat Listrik

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram