Ternyata Siswa SMK Bisa Ajukan Pinjaman Modal Ke Pemerintah, Ini Syaratnya

POLITIKNKRI.com – Lulusan SMK bukan hanya akan diserap di dunia kerja. Akan tetapi dimana juga diarahkan untuk membuka usaha baru agar bisa menyerap tenaga kerja.

Tidak ayal pemerintah menyediakan pinjaman modal untuk anak SMK. “Ya, Kemendikbud memberikan fasilitas kepada siswa SMK yang ingin membuka usaha dalam bentuk modal.Syaratnya ada produk yang akan diunggulkan, mereka bisa kelompok bisa perorangan,” kata Kabid Bina SMK Syamsyuri, Rabu (20/3/2019).

Meski ada lampu hijau itu, menurut Syamsuri belum ada laporan dari pihak sekolah terkait bantuan modal dari Kemendikbud tersebut. Besaran modal yang diberikan sampai Rp10 juta per bidang usaha. “Yang berminat silahkan membuat proposal, tentu ada evaluasi dan pertimbangan,” urainya.

Ya, Berbeda dengan siswa SMA yang disiapkan untuk melanjutkan ke jejang pendidikan tinggi, siswa SMK lebih diarahkan untuk bekerja bahkan menciptakan lapangan kerja.

Atas dasar hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel menyiapkan siswa SMK di Kalsel untuk menciptakan inovasi. Jika sudah mempunyai inovasi maka diharapkan bisa membuka lapangan kerja sendiri melalui wira usaha. Disebutkan Syamsyuri ada beberapa inovasi karya siswa SMK yang sudah dibuat. Ia mencontohkan SMKN 5 Banjarmasin yang membuat mesin pengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, juga ada teknopark buatan SMKN 1 Martapura.

Memang seluruh SMK di Kalsel kami arahkan menciptakan inovasi. Banyak SMK yang sudah menciptakan inovasi, kebanyakan mesin-mesin,” ujarnya baru-baru tadi.

Ditanya bagainana hasil inovasi tersebut, Syamsuri mengatakan erat kaitannya dengan pelaku usaha. Dikatakannya, jika pihak perusahaan tidak memanfaatkan teknologi buatan SMK, maka dipastikan teknologi tersebut tidak terpakai.

Pihaknya dari pemerintah hanya memfasilitasi agar tercipta inovasi. “Tinggal bagaimana dunia usaha pedulikan dengan tekhnologi tersebut, jika tidak dimnafaatkan maka inovasi yang dibuat tidak berguna,” bebernya.

Syamsuri mengakui, teknologi buatan SMK belum begitu dimnafaatkan secara maksimal oleh dunia usaha, namun inovasi cacing faktory sudah berjalan baik. “Coaching faktory sudah dimanfaatkan dengan baik, itu hasil karya SMK,” ujarnya.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Banjarbaru, Parjiono menjelaskan bawa memang ada program itu dan menyambut baik. “Ya ada, kami coba usul proposal namun belum ada rejeki dari siswa kami. Ya karena banyak antre dan diseleksi juga,” kata Parjiono.

Artikel ini telah tayang di banjarmasin.tribunnews.com dengan judul Ternyata Siswa SMK Bisa Ajukan Pinjaman Modal Ke Pemerintah, Ini Syaratnya

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram