Sekretaris Ditjen Polpum: FKUB Mitra Strategis Pemerintah

POLITIKNKRI.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) mengadakan Pertemuan Fasilitasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang mengambil tema Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB dalam rangka Menjaga Harmoni Kebangsaan dalam mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Hotel Ayola Sunrise, Mojokerto.

Sekretaris Ditjen Polpum, Didi Sudiana membuka sekaligus memberikan arahan dalam pertemuan yang dihadiri oleh peserta baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah kabupaten/kota se-Jawa Timur serta para Ketua FKUB Provinsi Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Dalam arahannya Didi Sudiana menyampaikan, FKUB merupakan wadah yang dibentuk masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang keberadaan kepengurusan FKUB dikukuhkan melalui Surat Keputusan Gubernur/Bupati/Walikota dan sampai tahun 2019 telah terbentuk di 34 Provinsi, 405 Kabupaten dan 98 Kota.

Informasi ini penting disampaikan karena saat imi FKUB merupakan mitra strategis Pemerintah dalam melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi sebagai langkah deteksi dini serta meredam potensi konflik di masyarakat,” katanya.

Dalam rangka menyukseskan Pemilu Tahun 2019 Pemerintah Daerah diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi FKUB agar dapat ikut serta dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewaspadai janji-janji politik dan isu-isu penistaan, penodaan agama, berita bohong (hoaks), ujaran kebencian (hate speech) dan SARA.

Selain itu dengan dilaksanakannya pertemuan ini untuk melakukan pemberdayaan terhadap FKUB dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Dalam Mendukung Suksesnya Pemilu Tahun 2019,” jelasnya.

Oleh karena itu pemerintah daerah perlu melakukan pemberdayaan FKUB dengan cara penguatan kelembagaan FKUB, peningkatan peran dan fungsi FKUB serta pengawasan dan pelaporan.
Di samping itu pemerintah daerah diharapkan dapat memaksimalkan peran serta forum-forum strategis kemitraan masyarakat si daerah seperti FKUB, FKDM, FPK serta mampu memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat guna mendukung suksesnya Pemilu Tahun 2019.

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul Sekretaris Ditjen Polpum: FKUB Mitra Strategis Pemerintah

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram