Banjir Bandang Sentani, DPR Minta Pemerintah Buat Klinik Trauma Healing

POLITIKNKRI.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah bergerak cepat menangani banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua. Salah satunya, ia meminta Kemenkes membuat klinik trauma healing untuk para korban terdampak bencana.

Mendorong Kemenkes untuk siap siaga dalam menyediakan obat-obatan dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul dan dialami oleh para pengungsi, serta bersama Kemensos membuat klinik trauma healing pasca bencana, guna membangun dan memulihkan kembali mental dan psikis korban terdampak banjir bandang,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3/2019).

Bamsoet meminta Kemenkes berkoordinasi dengan pemda setempat melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk memobilisasi pemberian dan penyaluran bantuan kemanusiaan agar kebutuhan para pengungsi dapat disalurkan tepat sasaran.
Selain itu, Bamsoet mendorong Kementerian PUPR untuk segera melakukan upaya pembangunan kembali rumah warga terdampak bencana.

“Mendorong KemenPUPR bersama Pemda untuk segera melakukan upaya jangka panjang dengan membangun kembali rumah-rumah warga terdampak banjir bandang maupun bangunan lainnya, guna menata dan memulihkan kembali kehidupan para korban terdampak, mengingat banyaknya kerugian akibat bencana banjir bandang di Sentani,” ujarnya.

Ia juga mendorong BNPB untuk terus melakukan pencarian korban hilang. Hingga hari ini, BNPB mencatat 104 orang tewas dan 79 orang hilang.

Mendorong BNPB, BPBD, Tim SAR Gabungan bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) untuk terus melakukan pencarian dan pertolongan bagi korban yang belum ditemukan,” kata Bamsoet.

Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul Banjir Bandang Sentani, DPR Minta Pemerintah Buat Klinik Trauma Healing

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram