Kementrian Koperasi dan UKM Dorong Literasi Keungan Via Aplikasi Digital

POLITIKNKRI.com – Pemerintah mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam berbagai aspek, termasuk dalam memahami literasi keuangan. Di era digital, literasi keuangan dapat lebih mudah dipahami lewat aplikasi digital.

Deputi Mandiri Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Victoria Boru Simanungkalit mengatakan hal itu di sela penandatanganan nota kesepahaman kementerian tersebut dengan pengembang aplikasi digital “Kendi”, di Hotel Adhiwangsa, Surakarta.

Menurut dia, selama ini UMKM masih minim literasi keuangan. ”Padahal literasi keuangan bagi UMKM ini penting. Misalnya pengajuan kredit dan pengembangan lainnya akan lebih mudah jika literasi keuangan diatur dengan baik,” ucapnya.

Untuk itu, aplikasi keuangan digital seperti Kendi diharapkan membantu UMKM. Apalagi saat ini pengembangan teknologi bisnis semakin pesat. Dengan kerjasama ini, pemerintah berharap UMKM bisa lebih profesional dan memiliki SDM yang kuat untuk memanfaatkan teknologi.

Sehingga mereka lebih cepat merespon, mengevaluasi, dan mengantisipasi persaingan bisnis global yang sekarang sangat disruptif,” ucapnya.

Sekretaris Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Devi Rimayanti mengatakan, UMKM memerlukan aplikasi untuk memahami literasi keuangan lebih mudah. Apalagi saat ini semua orang sudah akrab dengan telepon pintar.

Mengapa tidak sekaligus digunakan untuk mendukung usaha. Aplikasi semacam ini bisa membuat UMKM dapat berkembang dengan menyusun pembukuan keuangan lebih baik,” ucapnya.
Adapun Chief Technology Officer “Kendi” Pandu Sastrowardoyo menjelaskan, aplikasi Kendi dapat menjembatani UMKM agar lebih mudah mengembangkan usaha. Apalagi UMKM selalu kesulitan dalam mendapatkan tambahan modal lewat perbankan. UMKM juga kesulitan meningkatkan skala bisnis.

Kurangnya literasi finansial dan digital menyebabkan rendahnya validitas data yang diberikan UMKM kepada pemberi pinjaman,” ucapnya.

Dengan aplikasi ini, UMKM tidak harus membuat laporan keuangan sendiri. ”Sebab aplikasi Kendi dapat langsung membuatkan laporan keuangan secara lengkap untuk kegiatan transaksi, laporan laba rugi, manajemen inventorisasi, dan piutang,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di kalsel.prokal.co dengan judul Kementrian Koperasi dan UKM Dorong Literasi Keungan via Aplikasi Digital

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram