April Nanti, PNS Siap-Siap Cair Naik 5 Persen Tak Goyahkan APBD

POLITIKNKRI.com – Ada dua momen penting pada bulan April mendatang. Pemilu dan kenaikan gaji PNS. Meski hanya beberapa persen, ini menyangkut anggaran miliaran rupiah. Bagaimana pemerintah daerah menghadapinya?

Kenaikan gaji PNS toh baru sebatas pemberitaan di media. Sampai sekarang, faktanya tidak ada Perpres (Peraturan Presiden) yang diterbitkan. Juknisnya juga enggak ada,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah Kalsel, Aminuddin Latif, kemarin (14/3).

Pertanyaannya, apakah APBD bakal terbebani? Dia menolak untuk menjawabnya. “Kita jangan berandai-andai. Dinaikkan saja kan belum. Namun, ketika pemerintah pusat telah memutuskan, daerah mesti menjalankan. Harus siap,” imbuhnya. Aminuddin menyebutkan, saat ini ada 11 ribu lebih PNS pemprov.

Untuk Maret saja, pemprov mengeluarkan Rp49,8 miliar untuk pembayaran gaji pokok PNS. Jika dinaikkan 5 persen, artinya pemprov harus menambah pengeluaran bulanan sebesar Rp2,45 miliar. Sementara itu, Pemko Banjarmasin telah lebih dulu mengalokasikan anggaran cadangan. Wacana kenaikan gaji PNS memang sudah santer terdengar sejak tahun kemarin. Dalam pembahasan Rancangan APBD 2019, kenaikan gaji ini sudah diantisipasi.

Tidak akan membebani APBD. Sebab, kenaikannya hanya sebesar 5 persen. Berbeda cerita kalau kenaikannya mencapai 100 atau bahkan 200 persen. Jelas APBD bakal goyah,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil.

Disebutkannya, pemko kini menaungi sekitar lima ribu PNS. Setiap bulan, pemko harus mengeluarkan setidaknya Rp25,4 miliar untuk pembayaran gaji pokok PNS.

Kalau dihitung-hitung, 5 persen dari Rp25 miliar artinya Rp1,25 miliar. APBD masih sanggup,” jelasnya. Sama seperti Aminuddin, Subhan menekankan, kenaikan gaji PNS tak lebih dari wacana. “Selama belum ada aturan resmi, artinya masih sebatas wacana,” imbuhnya.

Sebenarnya, rencana Presiden Joko Widodo tak cuma menaikkan gaji PNS. PNS juga bakal menerima pembayaran tunjangan hari raya (THR) lebih dini. Sudah harus dicairkan sebelum bulan puasa. Sekali lagi, Subhan tak mau ambil pusing. “Tak masalah. Sebab, anggaran THR sudah lama disiapkan. Cuma menggeser tanggal pencairan saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat menyatakan gaji PNS dengan angka yang baru akan dicairkan pada April mendatang. Sejak Januari lalu, PNS masih menerima gaji dengan nominal yang sama dengan tahun lalu. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pencairan tambahan gaji yang akan diterima oleh PNS pada April nanti adalah gaji sejak Januari hingga April.

Untuk Mei dan selanjutnya, akan dibayarkan waktu pembayaran gajinya (pada Mei, Red),” tuturnya di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Wajib Pajak Besar, baru-baru tadi. Sebelumnya, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 pemerintah memang sudah menetapkan kenaikan gaji pokok untuk PNS sebesar 5 persen.

Kenaikan itu dilakukan sebab gaji pokok PNS tidak naik sejak tiga tahun terakhir. Ani mengungkapkan, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani peraturan pemerintah (PP) terkait kenaikan gaji tersebut, namun belum diundangkan dan diberi nomor. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun belum menetapkan berapa anggaran pasti yang dibutuhkan untuk kenaikan gaji itu. Sebab, masingmasing kementerian/lembaga masih perlu melaporkan berapa kebutuhan dan kenaikan gaji dari tiap-tiap pegawainya.

Untuk itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menunggu laporan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). “Kementerian PANRB akan melakukan processing dan memverifikasi per kementerian/lembaga, baru data itu masuk ke Ditjen Perbendaharaan (Kemenkeu) untuk disiapkan pembayarannya untuk pembayaran pada bulan April. Begitu proses selesai, akan bisa kami sampaikan,” ungkap Ani.

Artikel ini telah tayang di kalsel.prokal.co dengan judul April Nanti, PNS SiapSiap Cair Naik 5 Persen Tak Goyahkan APBD

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram