Penerima Bantuan PKH Didorong Masuk Industri Kecil dan Menengah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM). Kerja sama ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Dalam kerja sama ini, Kemensos akan mempersiapkan keluarga dari program keluarga harapan (PKH) untuk diberikan pendampingan oleh Kemenperin. Keluarga yang masuk dalam PKH tersebut akan didorong untuk bisa ikut serta dalam IKM.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, kerja sama ini dilakukan sebagai langkah menekan angka kemiskinan. Dengan begitu, harapannya keluarga PKH bisa memiliki kemandirian ekonomi.

Ia mencontohkan, program yang dimiliki oleh Kemensos yang bernama ‘graduasi’. Artinya, IKM dari PKH yang dinilai telah memiliki usaha serta ekonomi yang stabil akan masuk dalam ukuran ‘graduasi’.

“Kerja sama ini strategis karena untuk mencetak wirausaha baru yang terkait dengan progam PKH. Nah ini juga ada program graduasi atau lulus dari PKH akan terus diberikan pendampingan agar dia¬†bankable,” terang dia di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Sementara itu, Airlangga mengungkapkan bentuk pendampingan yang diberikan, yakni berupa rencana pengembangan pasar, fasilitas hingga penyediaan bahan baku.

“Kemenperin punya program perhatian dan ini kebanyakan dari sektor makanan dan minuman. Jadi lebih ke dalam bentuk¬†packaging, terus masuk dalam bantuan peralatan dan jaringan ekonomi digital,” tutup dia.

Adapun, Kemensos sendiri telah menyiapkan sekitar 400 ribu keluarga PKH yang akan mengikuti pendampingan dari Kemenperin. Kemudian, targetnya ada sebanyak 800 ribu keluarga yang akan didampingi tahun ini.

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul Penerima Bantuan PKH Didorong Masuk Industri Kecil dan Menengah

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram