Pemerintah Sudah Siapkan Tiga Fakultas Untuk Kampus UIII

POLITIKNKRI.com – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa rapat koordinasi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menteri terkait adalah membahas tentang persiapan kegiatan akademik Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) baik hal fisik maupun non fisik.


“Sejumlah menteri dan undangan khusus memang hadir dalam rapat koordinasi ini untuk memberi masukan terkait tema rapat yaitu organisasi, tata telola dan persiapan kegiatan akademik Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII),” kata Menag usai rapat koordinasi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (6/3).


Menurut Menag, saat ini mata dunia melihat Indonesia dalam pengembangan nilai-nilai Islam dalam ikut membangun peradaban dunia. Karena itu, sudah saatnya Indonesia memiliki perguruan tinggi bertaraf internasional untuk bisa memberi pemahaman yang luas kepada dunia bagaimana nilai Islam diterapkan dalam kehidupan saat ini dan masa mendatang.


Soal program studi di UIII, Menag menuturkan bahwa pemerintah sudah menyiapkan tiga fakultas yakni: Islamic Studies, Sosial Sciences dan Education. Menurutnya soal rekruitmen mahasiswa UIII akan fokus menerima lulusan S1 untuk program S2 dan S3 yang sebagian besarnya diperuntukan bagi mahasiswa mancanegara.


“Sementara itu, nanti kita akan kembangkan terkait ekonomi Islam, kebudayaan, seni dan program lainnya. Tahap pertama kita fokus pada tiga fakultas tadi. Selain mendalami ilmu keislaman dan keindonesian, secara khusus misi yang diemban oleh UIII adalah bagaimana mahasiswa yang datang dari berbagai negara pada akhirnya secara langsung menjadi duta-duta Indonesia di negara masing-masing dalam menjelaskan penerapan nilai Islam di Indonesia,” ucap Menag.


Menag menambahkan bahwa proses pembangunan UII masih ada persoalan dalam pembebasan lahan. Namun pihaknya saat ini sudah menempuh jalan musyawarah dengan warga yang menempati dan penggarap lahan.


“Mudah-mudahan tahun depan secara bertahap sudah tuntas pembangunan tahap pertama. Kita harapkan proses pembangunan kampus UIII ini akan selesai dalam tiga tahun ke depan,” tutup Menag.


Untuk diketahui, acara ini dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil dan perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tampak mendampingi Menag Lukman Hakim Saifuddin yakni Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim, Kapuslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Amsal Bachtiar, Jamhari, Chaidir, Komarudin Hidayat dan Wilda Farah.


Artikel ini telah tayang di daulat.co dengan judul Pemerintah Sudah Siapkan Tiga Fakultas Untuk Kampus UIII

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram