Abdya Terima 4 Boat 5 GT dari Kementerian Kelautan

POLITIKNKRI.Com-Kabupaten Aceh Barat Daya menerima empat armada tangkap (boat) untuk nelayan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Asnir Agus, mengatakan, bantuan tersebut sebelumnya merupakan jatah untuk Kabupaten Aceh Jaya, tetapi karena dinilai tidak bisa difungsikan di wilayah itu, akhirnya dialihkan ke Aceh Barat Daya.

“Empat armada tangkap itu ukurannya 5 gross ton (GT),” kata Agus, Rabu (06/03/19).

Agus menyebutkan, nelayan di Kabupaten Aceh Jaya tidak bisa mengoperasikan armada tangkap tersebut lantaran tidak cocok dengan kondisi laut di daerah mereka. Sehingga, nelayan-nelayan itu mengembalikan keempat armada bantuan tersebut ke pihak kementerian untuk dialihkan ke daerah lain.

“Kebetulan Koperasi Makmue Jaya Abdya pernah mengajukan permohonan bantuan alat tangkap ke pihak kementerian pada tahun 2017. Ya, Direktorat Kapal dan Alat Tangkap menawarkan langsung armada tersebut untuk Abdya. Kemudian Koperasi Makmue Jaya Abdya langsung menerima tawaran direktorat tersebut, karena jenis armada tangkap itu bisa dioperasikan oleh nelayan Abdya,” sebutnya.

Sebenarnya lanjut Agus, persoalan itu hanya masalah cara melaut yang berbeda. Buktinya, nelayan Abdya bisa melaut mencari ikan di Samudera Hindia ini dengan menggunakan armada tangkap bantuan kementerian tersebut.

Agus menjelaskan, setelah pihak kementerian menyerahkan armada tersebut kepada Koperasi Makmue Abdya, keempat unit boat tersebut kini sudah berada di perairan Kuala Batu menunggu kelengkapan dokumen untuk dioperasikan.

“Kalau dokumennya sudah lengkap, armada bantuan kementerian ini langsung dioperasikan oleh nelayan yang tergabung dalam Koperasi Makmue Jaya,” pungkas Agus

Artikel ini telah tayang di www.acehtrend.com dengan judul abdya Terima 4 Boat 5 GT dari Kementrian Kelautan

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram