Aura Optimisme dengan Hadirnya Tol Trans Jawa

POLITIKNKRI.com – Giatnya pembangunan infrastruktur adalah poin plus pemerintah sekarang. Salah satu infrastruktur yang penting bagi urat nadi perekonomian adalah jalan. Dibukanya akses jalan, mulusnya jalan menjadi faktor penting menggeliatnya perekonomian.


Dengan tersambungnya tol di pulau Jawa atau yang kita kenal dengan Tol Trans Jawa maka akan banyak membuka lahan perekonomian baru. Seperti kita ketahui, 200 tahun lalu, Gubernur Jendral Deandels membuat jalan dari Anyer hingga Panarukan. Pembangunan jalan ambisius ini memang banyak memakan korban masyarakat sekitarnya. Namun kini, sepanjang jalan Deandels tersebut atau sering disebut sebagai “Jalan Raya Pos” ini bertumbuhan kota-kota baru.


Nah, begitu pula dengan Tol Trans Jawa. Jalan Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia, Jakarta dan Surabaya melalui jalan tol. Tol trans Jawa sepanjang -/+ 1.000 kilometer tersebut melanjutkan jalan-jalan tol yang sekarang sudah ada.


Geliat Ekonomi

Terhubungnya Pulau Jawa secara keseluruhan bukanlah penantian yang sebentar. “Tol Trans-Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun karena memang sudah dicanangkan sejak lama” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno (kompas.com). Sebagai informasi, Tol Trans Jawa yang direncanakan pada era Presiden Soeharto sempat tertunda realisasinya gara-gara krisis moneter 1998.


Keberadaan jalan tol memiliki multiple effect. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro menuturkan, keberadaaan Tol Trans Jawa menjadi salah satu target pemerintah dalam mewujudkan konektivitas wilayah serta menekan biaya logistik. Kehadiran Jalan tol dapat mengurangi jarak dan waktu tempuh, mengurai kemacetan, sehingga terjadi penghematan konsumsi BBM.

“Selain itu, dengan adanya Tol Trans Jawa ini akan mendorong perekonomian di sekitar jalan tol. Ini merupakan pencapaian yang sangat dinanti oleh masyarakat,” jelasnya.


Dengan ada nya Tol Trans Jawa, pertumbuhan perekonomian Indonesia tepat nya di jawa akan melaju dengan cepat. Karena dengan ada-nya Tol Trans Jawa ini, pengiriman barang, kebutuhan pangan, dan lain-lain akan cepat sampai tujuan. Untuk semakin menggairahkan perekonomian,

Menteri BUMN Rini Soemarno terus mendorong peran BUMN dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol dengan memaksimalkan peran UMKM pada zona komersil di rest area tol Trans Jawa. Sehingga, secara jangka panjang perekonomian daerah setempat pun bisa bertumbuh berkat keberadaan jalan tol.


Peluang Ekonomi Baru

Pada kesempatan Presiden Jokowi menjajal jalan Tol Trans Jawa, Beliau menyempatkan istirahat di rest area. Rest area yang disambangi ada di Km 597 B ruas tol Ngawi-Kertosono, yang masih berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018).


Di rest area tersebut, Jokowi bersama rombongan mencicipi kuliner Nusantara yang dijajakan di sana. Kebanyakan penjual di kios-kios yang berada di rest area tersebut adalah warga setempat. Beberapa warga yang sempat diwawancarai menyambut positif jalan tol ini, sehingga mereka bisa berjualan di rest area. Salah seorang penjual, Bu Anna, mengaku senang bisa berdagang di lokasi itu. Dia menjual makanan ayam kampung.


“Ini sangat membantu saya. Apalagi disubsidi sama BRI, disewakan selama setahun” kata Anna. Dalam setahun, ruko berukuran sekitar 3×4 meter itu dihargai Rp 17.500.000. Namun untuk setahun ini masih disubsidi. “Kalau weekend di sini ramai. Ini karena tolnya baru buka, saat weekend bisa dapat Rp 800 ribu” katanya.


Pedagang lainnya bernama Qoyum juga mengaku senang bisa berjualan di lokasi itu. Apalagi wanita yang pernah bekerja sebagai TKW ini mengatakan yang dijual di lokasi tersebut hanya makanan khas Indonesia.

“Ini sangat baik, bisa mengurangi pengangguran. Kita bisa mandiri bekerja membuka usaha bagi kayak kita rakyat kecil. Menambah penghasilan” jelas Qoyum, yang berdagang ayam geprek dan pecel Madiun.


Dus, banyak hal positif dengan kehadiran Tol Trans Jawa ini yang dirasakan banyak warga masyarakat. Tidak hanya kendaraan yang lewat tol, lebih dari itu, warga sekitar juga turut kecipratan rezeki. Sektor pariwisata pun ikut terdongkrak. Kini, akses menuju tempat-tempat wisata di seantero jawa lebih terjangkau. Jadi, apa yang menghalangimu untuk bersyukur hari ini ? Selamat berlibur bagi masyarakat Indonesia ! Selamat Tahun Baru 2019 !

Artikel ini telah tayang di seword.com dengan judul Aura Optimisme dengan Hadirnya Tol Trans Jawa

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram