Satelit Nusantara Satu untuk Indonesia Maju

POLITIKNKRI.com – Terbukti Bangsa Indonesia cukup canggih dan mampu menunjukkan prestasi luar biasa dan tidak kalah dari negaranegara maju lainnya.

Kamis malam 21 Februari 2019 jam 20.45 waktu Florida atau Jumat pagi 22 Februari 2019 jam 8.45, Satelit Nusantara Satu milik Pasifik Satelit Nusantara (PSN) meluncur menuju orbit. Satelit ini berhasil lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat menggunakan roket Falcon 9 dari Space-X menuju slot orbit 146° BT tepat di atas Papua, Indonesia.

Menurut Direktur Jaringan PT PSN Heru Dwikantono, sekarang sedang proses menempati slot orbitnya, dan diperlukan waktu sekitar dua minggu untuk benar-benar berada dislot orbitnya. Setelah berhasil mencapai slot orbitnya, Nusantara Satu akan melakukan serangkaian uji coba in-orbit. Proses ini diperkirakan akan berlangsung selama tiga
minggu. Setelah itu satelit akan siap untuk dimanfaatkan sebagai penyedia kebutuhan internet di Indonesia.

Satelit Nusantara Satu buatan PT Pasifik Satelit Nusantara menghabiskan biaya sebesar 230 juta dollar AS. Direktur Utama PT PSN Adi Rahman Adiwoso mengatakan, sumber pendanaan berasal dari modal internal dan Export Development Canada (EDC). Biaya tersebut sudah termasuk biaya merakit roket satelit, biaya pengangkutan dari California ke Florida, hingga biaya peluncuran.

Biaya tersebut masih lebih murah dibandingkan satelit yang sudah ada sebelumnya di Indonesia karena berat satelit hanya 4,7 ton, lebih kecil dibandingkan rata-rata berat satelit lain sebesar 5,5 hingga 6 ton. Dan Satelit tersebut akan diluncurkan bersamaan dengan dua satelit lainnya sehingga biayanya lebih murah.

Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc (lahir di Yogyakarta, 26 Juli 1953) adalah ilmuwan dan penemu berkebangsaan Indonesia di bidang aeronautika. Pak Adi adalah salah satu dari beberapa tokoh yang berkontribusi dalam pencapaian ini. Sebagai seorang jenius yang sejak kecil sudah hobi mengutak-atik dan membongkar mainan pesawat atau roket pemberian orangtuanya dan bermimpi untuk terbang keluar angkasa, bisa kita bayangkan betapa bahagianya beliau saat ini. Ini adalah contoh yang sangat baik bagaimana impian dan kerja keras bisa membuahkan hasil yang positif. Bravo, Pak Adi !

Setelah ini, PSN telah memiliki dua proyek satelit selanjutnya, yaitu Nusantara Dua yang diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2020, dan Nusantara Tiga yang akan diluncurkan pada tahun 2022.


Jika seluruh satelit milik PSN nanti beropreasi pada tahun 2022 maka total kapasitas yg dihasilkan bisa mencapai lebih dari 150GB/s. Jumlah itu membuat Indonesia dapat memenuhi layanan broadband satelit di seluruh penjuru tanah air,” pungkas Heru.

Lalu apa manfaat dari Satelit ini ?


Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar dan sudah terbiasa menggunakan gadget dan fasilitas umum yang canggih, mungkin tidak semua sadar bahwa semua fitur yang mereka gunakan sangat mengandalkan konektivitas. Mereka baru sadar pentingnya jaringan komunikasi saat mereka berada di daerah terpencil yang susah sinyal.

Keberadaan Satelit komunikasi ini memungkinkan perluasan jaringan dan peningkatan kecepatan komunikasi di Indonesia. Sederhananya adalah agar kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Di bidang ekonomi, pembangunan di bidang telekomunikasi akan mempermudah terhubungnya penjual dan pembeli di berbagai daerah sehingga memperlancar roda perekonomian, baik itu di pasar konvensional maupun eCommerce.

Di bidang pendidikan, keberadaan jaringan telekomunikasi akan mempermudah penyebaran materi pendidikan dan koordinasi programprogram pendidikan sampai ke daerah-daerah terpencil.

Di bidang pariwisata, keberadaan jaringan telekomunikasi sangat penting untuk promosi dan layanan bagi para pendatang.

Di bidang pertahanan dan keamanan, keberadaan jaringan telekomunikasi akan menghubungkan kita sampai ke batas terluar Indonesia.

Di bidang sosial budaya, kesehatan dan layanan publik lainnya, keberadaan jaringan telekomunikasi akan meniadakan istilah daerah terpencil tanpa koneksi sehingga layanan bisa dirasakah oleh seluruh masyarakat, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Salah satu kondisi dimana keberadaan jaringan telekomunikasi menjadi sangat penting adalah disaat terjadinya bencana alam.

Mari kita dukung pembangunan yang berkelanjutan untuk Indonesia maju dan masa depan yang lebih baik.

Artikel ini telah tayang di seword.com dengan judul Satelit Nusantara Satu untuk Indonesia Maju

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram