Pemerintah Target Turunkan Jumlah Rakyat Belum Tersentuh Air Bersih Jadi 24 Persen

POLITIKNKRI.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan, hingga akhir 2018, akses aman air minum yang tersebar ke masyarakat di seluruh Indonesia baru mencapai 72 persen. Akses aman air minum pada tahun ini akan ditingkatkan menjadi sekitar 76 persen.

Kita harapkan, masyarakat yang belum tersentuh akses air bersih tidak 28 persen lagi, jadi 24 persen,” ungkap Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (02/3/2019).

Adapun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang dicanangkan Pemerintah era Jokowi-JK, akses aman air minum ditargetkan bisa tercapai 100 persen pada 2019. Namun begitu, Danis menyatakan rencana itu belum bisa terealisasikan.

Mudahmudahan bisa dicapai 5 tahun ke depan,” sambung dia.

Syaratnya, dia melanjutkan, ada akses yang dibangun lewat jaringan pipa dan non perpipaan, dan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karenanya, pemerintah mau menjalin kerjasama baik dengan pihak organisasi, perusahaan swasta, hingga perseroan besar lewat konsep Corporate Social Responsibility (CSR).

Untuk mencapai tujuan itu, artinya dimungkinkan untuk membuat akses sanitasi lebih besar. Kita bakal berkolaborasi dengan organisasi, swasta, kemudian CSR dengan perusahaan besar,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul Pemerintah Target Turunkan Jumlah Rakyat Belum Tersentuh Air Bersih Jadi 24 Persen

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram