Konsumsi Garam Terlalu Banyak Bisa Buat Orang Rawan Hipertensi

POLITIKNKRI.com – Walaupun kerap dianggap identik dengan gaya hidup orang perkotaan, hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa dialami masyarakat pedesaan. Salah satu faktor yang disebut memunculkan kondisi ini kemungkinan besar adalah konsumsi garam.

Kemungkinan sekali hal itu karena konsumsi garamnya tinggi sekali,” kata Prof. Dr. dr. Suhardjono SpPD-KGH, K.Ger kepada Healt, di Jakarta.

Di kesempatan yang sama, Presiden Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Tunggul Situmorang mengatakan, dahulu di publikasi awal mengenai hipertensi, daerah dengan angka tertinggi di Silungkang, Sumatera Barat. Penyebabnya karena daerah tersebut memang memiliki konsumsi garam yang tinggi.

Tunggul mengatakan, konsumsi garam di daerah-daerah luar kota memang meningkat seiring dengan modernisasi. Namun, penelitian dari Jepang di Amerika Serikat telah membuktikan hal semacam itu.

Dengan kondisi diet garam yang bertambah, maka prevalensi hipertensinya juga bertambah,” ungkap Tunggul menjelaskan.

Dia menambahkan, dalam sebuah studi di Jawa Barat, orang-orang di desa memang banyak mengonsumsi garam.

“Mereka memang ‘lauk’nya garam. Makan pakai garam. Jadi ini bukan soal di kota atau di desa, walaupun stres dan lainnya (berpengaruh), tapi yang utamanya juga konsumsi garam,” jelasnya.

Sehingga, pemerintah diminta untuk membuat regulasi khusus terkait konsumsi garam. Tunggul mencontohkan di Inggris yang tidak memperbolehkan konsumen restoran menambahkan garam secara mandiri.

Tunggul mengatakan bahwa hipertensi bisa menjadi awal mula dari berbagai penyakit tidak menular yang mematikan. Misalnya masalah jantung dan stroke.

Hipertensi adalah biang keladi dari kelainan pada ginjal, jantung, bahkan pada saraf dan semua organ yang mempunyai pembuluh darah,” kata Tunggul.

Maka dari itu, penyakit semacam ini harus diwaspadai. Salah satu untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan juga makananmakanan kemasan yang mengandung monosodium glutamat (MSG). Tentu saja, juga diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga.


Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan berjudul Konsumsi Garam Terlalu Banyak Bisa Buat Orang Rawan Hipertensi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram