Ketauhilah, Anak Korban Kekerasan Rentan Lakukan Percobaan Bunuh Diri di Usia Dewasa

POLITIKNKRI.Com-Jangan dianggap sepele kekerasan yang dialami anak karena dapat meningkatkan risiko timbulnya keinginan untuk bunuh diri saat usia dewasa.

Dari analisis terhadap 68 penelitian yang dilakukan para psikolog dari University of Manchester dan University of South Wales, Inggris. Anak yang menjadi korban kekerasan memiliki kemungkinan lima kali lebih besar dalam melakukan percobaan bunuh diri. Hasil ini dari analisis yang diterbitkan di jurnal Psychological Medicine edisi Januari 2019 ini menyebutkan,

Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa keinginan untuk bunuh diri muncul tiga kali lebih tinggi pada anak yang mengalami kekerasan seksual, 2,5 lebih tinggi pada anak yang mengalami kekerasan fisik, serta 2,5 kali lebih tinggi pada anak yang mengalami kekerasan emosional atau penelantaran.

Hasil analisis yang dihimpun dalam penelitian berjudul “Childhood Maltreatment and Adult Suicidality: A Comprehensive Systematic Review with Meta-Analysis” ini mengungkapkan, seiring bertambahnya usia anak yang pernah menjadi korban kekerasan, risiko timbulnya keinginan bunuh diri juga semakin tinggi.

Dr Maria Panagioti, pimpinan riset dari University of Manchester mengatakan “1 dari 3 orang dewasa pernah mengalami tindak kekerasan di usia kanak-kanak.”

“Studi ini menjadi bukti bahwa tindak kekerasan dan penelantaran di masa kanak-kanak berkaitan dengan meningkatnya kemungkinan untuk bunuh diri di usia dewasa.”ujar Dr.Maria

Panagioti menambahkan, seperti dikutip dari situs resmi University of Manchester, kondisi ini berdampak pada layanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Studi lain menunjukkan, biaya yang diperlukan untuk menangani kasus kekerasan anak di AS mencapai $124 miliar.

“Penanganan kasus percobaan bunuh diri biasanya hanya berkutat pada terapi perilaku kognitif, seolah-olah semua orang berinisiatif mencari penanganan profesional,” ujar Panagioti. “Padahal, yang paling berbahaya ialah orang-orang yang tidak memperoleh perawatan profesional.”

Artikel ini telah tayang di Womantalk.com dengan judul Anak Korban Kekerasan Rentan Lakukan Percobaan Bunuh Diri di Usia Dewasa
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram