Rutinitas Pagi Hari yang Tidak Disadari Bisa Membuat Berat Badan Bertambah

POLITIKNKRI.Com-Menurunkan berat badan bukan hanya perkara harus olahraga dan diet, tetapi juga berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Nah, ternyata beberapa rutinitasi pagi hari di bawah ini, secara tidak disadari juga bisa membuat berat badan melonjak. Apa saja itu?

Tidak merapikan tempat tidur sendiri
Survei National Sleep Foundation menemukan bahwa orang yang merapikan tempat tidur, memiliki kemungkinan tidur malam yang lebih baik sebanyak 19%, yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada angka berat badan. Selain bisa membuat tidur lebih nyenyak, merapikan tempat tidur bisa dijadikan sebagai pengganti olahraga.

Melewatkan sarapan
Tidak memuaskan hasrat Anda pada makanan di pagi hari, justru dapat membuat Anda lebih kelaparan dan jadi lebih ‘lapar mata’ pada segala makanan. Meski begitu, perhatikan juga jenis sarapan yang Anda makan jangan berlebihan lemak dan kalori, yang bisa membuat berat badan Anda tetap terjaga.

Tidak biasa bangun pagi
Kalau hari kerja, sih, mau tidak mau harus bangun pagi. Namun, begitu weekend, biasanya orang malas bangun pagi, meski sudah waktunya untuk bangun dan mulai beraktivitas. Sebuah studi dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam juga bisa meningkatkan risiko memiliki BMI lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidur selama tujuh hingga sembilan jam semalam.

Gelap-gelapan di kamar
Matahari pagi yang masuk ke kamar memang menyilaukan, tetapi ternyata itu sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapat sinar matahari di pagi hari memiliki BMI yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak. Hal itu disebabkan karena cahaya matahari pagi digunakan sebagai panduan untuk menyamakan dengan jam internal tubuh, yang dapat membakar kalori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram