Penelitian Temukan Hubungan Antara Obesitas dan Pengecilan Otak

POLITIKNKRI.Com-Penyakit jantung bukan satu-satunya risiko yang ditanggung pengidap obesitas. Orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan rupanya cenderung memiliki ukuran otak yang lebih kecil. Temuan ini dihasilkan dalam sebuah penelitian yang dirilis di jurnal Neurology milik American Academy of Neurology.

Dalam studi yang melibatkan 9.652 partisipan berusia rata-rata 55 tahun ini, para peneliti melakukan pengukuran indeks massa tubuh dan rasio pinggang ke pinggul. Peneliti kemudian melakukan pengukuran volume bagian putih (white matter) dan bagian abu-abu (grey matter) dalam otak menggunakan metode magnetic resonance imaging (MRI).

Dari hasil pengukuran ditemukan sekitar 19% partisipan tergolong obesitas atau memiliki indeks massa tubuh di atas 30,0. Memiliki ukuran perut lebih besar dari pinggul juga dapat meningkatkan rasio obesitas. Rasio ukuran perut dan pinggul di atas 0,90 pada pria dan 0,85 pada wanita juga tergolong obesitas.

Jika dibandingkan dengan hasil pengukuran MRI, ditemukan bahwa orang-orang yang memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi dan tergolong obesitas cenderung mengalami penyusutan volume bagian abu-abu pada otak. 

Penelitian yang telah ada sebelumnya menemukan adanya kaitan antara pengecilan otak dengan penurunan daya ingat dan risiko demensia yang lebih tinggi. Namun, riset mengenai hubungan antara lemak tubuh dengan ukuran otak masih belum meyakinkan,” ungkap Mark Hamer, Ph.D., peneliti dari Loughborough University, Leicestershire, Inggris.

Dikutip dari situs resmi American Academy of Neurology, Hamer menambahkan, “Riset kami melibatkan ribuan orang dan berhasil menemukan bahwa obesitas, khususnya di tubuh bagian tengah, dapat berkaitan dengan pengecilan otak.”

Imbuh Hamer, “Kami juga menemukan adanya kaitan antara obesitas dan pengecilan pada bagian tertentu pada otak. Perlu riset lebih lanjut, tetapi kami percaya bahwa menjaga ukuran indeks massa tubuh sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.”

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram