Meski Wajar, Sakit Kepala Setelah Olahraga Juga Bisa Berbahaya

POLITIKNKRI.Com-Setelah Anda melakukan olahraga berat, wajar jika Anda suka merasakan sakit kepala. Tidak seperti sakit kepala biasa, sakit kepala setelah olahraga cenderung berdenyut–yang biasanya berlangsung antara lima menit hingga 48 jam.

Nah, yang patut dikhawatirkan adalah jika sakit kepala yang dirasakan sudah lebih dari 48 jam dan tidak berkurang, yang bisa menjadi pertanda masalah lain yang lebih parah, seperti pendarahan. Sakit kepala ini disebut dengan sakit kepala sekunder.

Jika Anda mengalami gejala seperti muntah, lemah, pandangan kabur atau ganda, kekakuan leher, dan kehilangan kesadaran—yang semuanya terjadi bersamaan dengan sakit kepala parah, maka ini bisa menjadi tanda Anda sedang mengalami sakit kepala sekunder akibat olahraga. Jika ini terjadi, Anda harus ke dokter atau bahkan langsung ke ruang gawat darurat.

Menurut Dr. Ilan Danan, MD, MSc, seorang neurolog olahraga di Pusat Neurologi Olahraga, mengonsumsi obat antiinflamasi—baik yang dijual bebas atau melalui resep dokter—30 menit sebelum olahraga, dapat membantu mengurangi risiko menderita sakit kepala sesudahnya.

Namun, jika Anda berolahraga hampir setiap hari—katakanlah lima kali per minggu, ada baiknya mempertimbangkan lingkungan dan cuaca daripada terus-menerus minum obat. Jangan olahraga di bawah terik matahari, yang membuat Anda dehidrasi dan akhirnya menimbulkan sakit kepala.

Selain itu, Dr. Ilan mengingatkan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga, minum sebelum keringat berlebihan, makan makanan seimbang, dan kurangi intensitas olahraga, agar Anda merasakan sakit kepalasetelahnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram