Cara Sederhana Melatih Otak Agar Terbiasa Untuk Menabung

POLITIKNKRI.Com-Jika rencana Anda untuk menabung tidak pernah kesampaian, mungkin yang menjadi masalah bukan hanya tekad, tetapi juga otak Anda belum terlatih untuk melakukannnya. Nah, untuk melatih otak agar lebih terbiasa menabung, coba lakukan beberapa cara sederhana di bawah ini.

Pikirkan uang seperti biji yang ditanam
John Assaraf, seorang peneliti otak dan ahli perilaku, mengatakan bahwa cara yang bagus untuk mulai menabung adalah dengan memikirkan rekening tabungan Anda seperti tanaman dan uang yang ditabung adalah bijinya.

“Saat menabung, Anda seperti menanam “benih” untuk berakar dan tumbuh sedikit demi sedikit. Dengan pemikiran seperti ini, persepsi alam bawah sadar Anda mengenai uang akan berubah dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Cari tahu cara menabung yang sesuai
Cara menabung setiap orang pasti berbeda karena tergantung dari sumber penghasilan Anda. Cobalah untuk menentukan secara spesifik berapa banyak uang yang perlu Anda simpan dan kapan melakukannya, apakah per minggu, bulan, atau setiap menerima gaji.

Terus yakinkan diri
Ini menjadi cara sederhana untuk menggeser perspektif Anda tentang menabung. John memberikan contoh, ucapkan pada diri sendiri kalimat “Saya senang dan bersyukur karena sudah bisa menabung” sesering mungkin setiap hari. Mungkin terasa agak canggung pada awalnya, tapi setelah beberapa saat Anda akan benar-benar mulai mempercayainya.

Cek tabungan secara berkala
Mungkin ada yang bilang kalau sudah menabung jangan selalu dilihat jumlahnya. Namun, menurut John melihat pertumbuhan tabungan Anda justru dapat membuat perbedaan besar. “Lihat uang yang Anda tabung dan rasakan bagaimana perasaan Anda saat secara konsisten melihat jumlahnya bertambah setiap saat dan dampak yang akan ditimbulkan oleh tabungan tersebut pada hidup Anda. Hal itu akan membuat persepsi Anda tentang menabung j adi sangat berbeda selamanya,” ucapnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram