Kedatangan Surat Suara di Pelabuhan Parit Rempak Karimun Dikawal Ketat

KARIMUN – Surat suara untuk Pemilu tahun 2019 kembali tiba di Pelabuhan Parit Rempak Kabupaten Karimun pada Jumat (15/2/2019) dini hari.

Setelah beberapa hari lalu surat suara DPD, DPRRI dan DPRD Provinsi Kepri, kali ini yang tiba dari Tanjungpinang adalah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan DPRD Kabupaten Karimun.

Sekira pukul 00.00 WIB surat suara tiba di Karimun menggunakan kapal penyeberangan, roro. Seluruh surat suara berada di dalam satu unit truk yang dikawal ketat oleh aparat dari Brimob.

Begitu keluar dari kapal, truk kembali dikawal oleh personel Polres Karimun, Brimob, KPU dan Bawaslu.

Surat tersebut dibawa ke gudang logistik KPU Kabupaten Karimun yang terletak di jalan Pertambangan, Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing. Pada Jumat subuh, kotak-kotak berisi surat suara selesai diturunkan dari truk.

“Iya sudah sampai. Yang tiba surat suara presiden dan wakil presiden sama DPRD Kabupaten Karimun,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, Jumat sore.

Disebutkan Eko untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden berjumlah sebanyak 87 kotak. Sedangkan untuk DPRD Karimun berjumlah 357 kotak.

“Surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 87 box. Sementara DPRD Karimun dibagi empat dapil. Untuk dapil satu ada 93 box, dapil dua ada 39 box, dapil tiga ada 109 box dan dapil empat 116 box,” paparnya.

Mengenai jumlah lembar surat suara, Eko mengaku belum dapat memastikannya. Pasalnya kotak suara yang tiba bukan hanya satu ukuran. Ia menyebutkan, untuk jumlah pasti lembaran suara baru dapat diketahui pada saat proses penyortiran dan pelipatan nanti.

“Ini sesuai dengan DO yang perkotaknya. Sekarang baru berdasarkan luarnya saja, ada yang pecahan kotak besar dan kotak kecil yang isinya tidak full. Nanti waktu penyortiran dan pelipatan baru dapat diketahui jumlahnya,” terangnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram