5 Hal yang perlu Dilakukan untuk Mendidik Anak Tanpa Membuatnya Manja

POLITIKNKRI.Com-Memang tidak ada rumus baku untuk menjadi orang tua super. Namun, di saat yang sama, bagaimanapun juga saya juga percaya bahwa menjadi orang tua adalah sebuah tanggung jawab, yang punya beberapa ‘pakem’ tentang apa yang sebaiknya kita lakukan dalam membesarkan anak-anak. Sayang boleh, memanjakannya itu yang jangan. Lalu pertanyaan sepanjang-masa soal ini: bagaimana caranya?

`1. Memberi hadiah, tetapi mengajak berhemat juga saat finansial sedang buruk
Salah satu cara kita menunjukkan kasih sayang adalah dengan memberi hadiah, tetapi Douglas juga menyarankan untuk melibatkannya juga di kala kondisi finansial sedang tidak baik. Jadi, ketika Anda memangkas anggaran pos pribadi lainnya, ajak juga anak untuk ikut ‘prihatin’ dengan kondisi saat ini.

2.  Beri contoh nyata ketimbang sekadar ucapan
Kata psikiatris anak Douglas Green kepada Your Tango, anak-anak belajar dan meniru sesuatu lebih cepat lewat melihat ketimbang sekadar mendengar apa yang dikatakan orang tua mereka. Karena ini juga sebaiknya kita sebagai orang tua memberikan contoh nyata lewat sikap dan perilaku. Misalnya, dari cara Anda memperlakukan pasangan, saudara-saudara, teman, juga orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

3. Hindari memberi anak-anak dengan berlebihan
Douglas membagikan pengalamannya bertemu anak-anak yang diberi bermacam hal oleh orangtua mereka, lebih dari yang mereka butuhkan. Ini, menurutnya, yang akan memanjakan anak-anak, dan membuat mereka gagal paham tentang alasan mereka mengingingkan suatu hal dalam hidup ini saat dewasa kelak.

4. Biasakan untuk mengucap terima kasih
Mengucap ‘maaf’, ‘tolong’, dan ‘terima kasih’ memang hal yang sederhana, tetapi penting untuk membangun relasi dengan orang lain. Mencontohkan dengan sikap dan tindakan yang menunjukkan rasa terima kasih kita kepada orang lain bisa memupuk ‘kewajiban’ yang sama ini kepada anak-anak. Misalnya, dengan membalas pemberian mertua dengan kue bolu apel yang bisa dibeli atau buatan sendiri. Ajak juga anak Anda menyiapkannya, ya!

5. Ucapkan terima kasih atas sikap baik anak
Reward nggak selalu berarti hadiah dalam bentuk barang. Sekadar mengucap terima kasih dengan tulus pun bisa mengajarkannya cara memperlakukan orang lain yang bersikap baik pada mereka. Misalnya ketika anak merapikan sendiri mainannya, atau ketika mereka menghabiskan makanan mereka. Ini juga yang memberitahu mereka bahwa mereka telah melakukan hal yang baik dan terpuji.

Pada intinya mendidik anak memang bukan perkara enteng. Menjadi orang tua juga menuntut kita juga untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ada sepasang mata kecil yang senantiasa menjadikan kita contoh untuk bersikap dan bertindak, lho!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram