Kata Pakar, Ini Caranya Agar Berat Badan Tidak Naik Lagi Setelah Diet

POLITIKNKRI.Com-Bicara soal diet memang tidak ada habisnya; begitu juga dengan proses diet itu sendiri, hehehe.

Yep, kemungkinan Anda pernah juga mengalami hal ini: setelah susah-susah berdiet dan turun berat badan, angka timbangan merangkak naik lagi pelan-pelan. Nah, kalau menurut pakar diet serta ahli gizi ibu dan anak, Pafitri, S.K.M., RD, diet sendiri berarti pengaturan makanan untuk tujuan tertentu yang terutama adalah untuk kesehatan. Jadi, mengatur makan ini harus menjadi kebiasaan setelah diet. Namun Anda nggak perlu makan sesedikit ketika masih mau turun berat badan, kok!

Pengaturan pola makan

“Diet itu macam-macam tujuannya, yang intinya adalah pengaturan pola makan agar kita lebih sehat,” tuturnya saat ditemui usai acara 3 Steps to Reach Your Body Goals bersama WRP dan Shopee (2/2/2019). Nah, soal pola inilah yang disebutkannya harus kita jaga terus.

Mengatur pola makan artinya yang sesuai kebutuhan tubuh”Saat menurunkan berat badan, kurangi 200-300 kalori dari kebutuhan kalori harian Anda. Dengan cara ini Anda bisa turun berat badan sebanyak satu sampai dua kilogram dalam sebulan; itu masih aman,” jelasnya lagi. “Ketika sudah di berat ideal, kita bisa makan sesuai kebutuhan kalori harian kita.”

Makan sesuai kebutuhan kalori harian


Pafitri pun menekankan, kembali makan sesuai kebutuhan kalori itu bukan berarti makan seperti kebiasaan lama, yang biasanya lebih tinggi dari kebutuhan kalori tubuh sesungguhnya; melainkan ke besarnya kalori yang sesungguhnya diperlukan tubuh kita. 

Boleh makan lebih setelah diet, asal sesuai kebutuhan kalori yang diperlukan
“Tapi, memang untuk menjaga berat badan agar nggak naik drastis, kita harus disiplin. Karena pola makan itu harus berkelanjutan, makanya harus diatur oleh kita, sesuai kebutuhannya. Jadi menjalaninya juga nyaman,” pungkasnya.

Jangan lupa cheat day
Yep, yang satu ini juga nggak kalah penting. Sesekali makan enak syang ‘agak berdosa’ seperti junk food, minuman berperisa, atau yang berlemak tinggi juga perlu untuk menyenangkan lidah dan mood kita. Namun jangan sampai cheat day ini keterusan dan imbangi dengan olahraga rutin, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram