Ini 5 Manfaat Brokoli yang Paling Penting untuk Kesehatan Perempuan!

POLITIKNKRI.Com-Buat mereka yang enggak suka sayur, seringkali brokoli ini jadi pengecualian. Selain bisa disantap dengan dipping saus lezat setelah direbus singkat, brokoli juga nikmat dipanggang dengan keju dan menjadi teman makan daging-dagingan. Nah, ternyata brokoli ini nggak sekadar enak saja, lho, tapi juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kita para perempuan.

Yuk, cari tahu apa saja manfaatnya berikut ini!

1. Meningkatkan fungsi berpikir
Yep, perempuan masa kini wajib banget nih menjaga fungsi kognitif otak agar bisa terus berpikir dengan fokus di  berbagai aktivitas. Nah, brokoli yang kaya akan antioksidan (mencegah peradangan bagi jaringan tubuh), serta tinggi kandungan vitamin K ini juga telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif otak bagi pasien lanjut usia, lho. Wah, apalagi kalau dikonsumsi sejak muda, ya.

2. Memperlambat penuaan
Gabungan antioksidan dan vitamin C pada brokoli bisa membantuk kita melawan penuaan, terutama penuaan dini yang diakibatkan oleh efek buruk sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu ada Nicotinamide nucleotida juga dalam brokoli, zat aktif yang juga berperan dalam proses ini. 

3. Mencegah kanker
Brokoli juga mengandung sulforane yang berkhasiat antikanker, yang mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Sebuah riset di Singapura juga menyebutkan bahwa kombinasi yoghurt dan brokoli dapat membunuh 75% tumor dan lebih dari 95% sel kanker usus. 

4. Mencegah nyeri haid
Yep, makan brokoli bisa mencegah nyeri haid juga. Kaya akan vitamin A, C, B6, dan E, serta magnesium, kalsium, dan potasium—tentu saja menjadikan brokoli sebagai makanan tepat untuk menyeimbangkan hormon-hormon penyebab nyeri saat haid. Selain itu, brokoli juga sumber serat yang baik untuk mengatur pencernaan dan hormon seks estrogen pada wanita.

5. Memperkuat daya tahan tubuh
Selain kandungan vitamin K yang tinggi, brokoli juga kaya vitamin C, yang jika digabungkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Brokoli memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menghilangkan radikal bebas dan racun dari tubuh. Ini juga membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga jantung Anda sehat,” kata Amy Shapiro, RD, pendiri Real Nutrition di New York City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram