Susah Bangun Pagi? Bisa Jadi Penyebabnya Ada Pada Gen Anda!

POLITIKNKRI.Com-Dilansir dari laporan BBC, kabarnya CEO Apple, Tim Cook, bangun tidur pukul 3.45 pagi; sementara CEO FIAT, Sergio Marchionne bangun sedikit lebih pagi, yaitu pukul 3:30. Richard Branson, pebisnis asal Inggris, bangun ‘agak siang’, yang bagi banyak orang masih saja terlalu pagi, yaitu pukul 5:45. Well, buat apa kita bahas jam bangun tidur orang-orang terkenal itu? Atau jangan-jangan sebagian dari Anda juga berpikir seperti saya: memangnya Tim Cook dan Sergio Marchionne punya masalah kesehatan gara-gara bangun kepagian?

Bangun pagi punya banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan. Namun, Anda yang biasa bangun siang nggak perlu berkecil hati, karena ternyata kebiasaan bangun tidur di waktu tertentu ini ada kaitannya dengan genetika, lho. (Jadi, ini bukan salah Anda sepenuhnya, hehehe).

1. Perempuan bangun lebih pagi dibanding pria 
Sebuah kajian menganalisis informasi genetik yang dikumpulkan lewat tes DNA dai air liur 90 ribu responden di situs 23andMe di Inggris. Dilansir dari Livescience, salah satu hasil kajian ini menunjukkan bahwa perempuan bangun lebih pagi (48,4%, dibanding 39,7% responden pria). Selain itu orang-orang yang usianya di atas 60 tahun juga lebih senang bangun pagi dibanding mereka yang berusia di bawah 30 tahun (63,1%, dianding 24,2% partisipan di bawah 30 tahun).

2. Mereka yang senang begadang lebih kreatif
Bicara soal kebiasaan bangun siang, kemungkinannya orang-orang ini terjaga di malam hari dan baru tidur jelang pagi. Anda perempuan di bawah usia 30 tahun dan bangun siang? Kabar baiknya, ternyata menurut penelitian yang dilaporkan BBC, tipe burung hantu dikatakan lebih mampu dalam hal ingatan dan kemampuan kognitif untuk memproses informasi dibanding mereka yang biasa bangun pagi. Tipe burung hantu juga lebih kreatif dan terbuka pada tantangan, lho!

3. Orang yang bangun siang lebih kreatif!

Well, meskipun katanya tipe night owl lebih kreatif dibanding tipe early riser, sebaiknya ini tidak dijadikan justifikasi, ya, untuk terus-terusan begadang. Bagaimanapun kajian-kajian tersebut berupaya melihat kaitan antara genetis dan preferensi tubuh untuk bagun pagi atau lebih siang; serta kecenderungan karakter antara dua tipe tersebut. Tidur pulas itu penting, fungsinya agar tubuh berfungsi dengan baik selama beraktivitas!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram