Redam Panik Dengan Cepat Lewat Teknik Pernapasan Berikut Ini!

POLITINKRI.Com-Dalam keadaan bahaya, tubuh mengubah pola bernapas sebagai mekanisme untuk melarikan diri. Hal yang sama terjadi ketika kita mengalami kecemasan atau anxiety, juga serangan panik di situasi yang sulit. Napas kita menjadi cepat dan pendek-pendek, yang jika tidak kita atur kembali bisa memicu kejadian yang disebut dengan hiperventilasi. Tanda-tandanya antara lain merasa pusing, jantung berdebar, tenggorokan tercekat, kebingungan, serta kebas di tangan atau kaki.

Cara menenangkan diri yang disebut Calming Breath ini bisa membantu Anda kembali tenang saat sedang panik. Dikutip dari Anxieties, berikut ini langkah-langkah mudah untuk melakukannya.

1.    Ambil napas panjang dan perlahan melalui hidung, dan rasakan udara  memenuhi paru-paru bawah Anda.
2.    Buat hitungan dalam kepala sembari Anda mengatur napas. 
3.    Tahan napas pada hitungan ketiga
4.    Buang napas lewat mulut secara perlahan, dan kondisikan agar otot wajah, bahu, dan perut Anda dalam posisi rileks. Mudah, bukan? Anda juga bisa menerapkan kebiasaan bernapas ini setiap saat, kecuali kalau Anda sedang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, agar tubuh dan pikiran kita tetap tenang. Sebagai tambahan untuk mengatasi panik dan kecemasan, kita juga perlu memikirkan hal lain selain kepanikan kita dan hal-hal yang membuat cemas sembari kita mengatur napas. Latihan menenang

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram