Lebih Sering Membersihkan Wajah Bukan Berarti Lebih Baik

POLITIKNKRI.com – Sibuknya aktivitas yang kita lalui sehari-hari membuat munculnya sejumlah noda, minyak, dan keringat di wajah. Baik terasa maupun tak terasa, menumpuknya sejumlah kotoran di wajah ini merupakan sesuatu yang harus jadi perhatian bagi banyak orang.

Beberapa orang membersihkan wajah mereka beberapa kali sehari, namun tak jarang juga yang hanya membersihkan wajah sehari sekali. Lantas, seberapa sering kita harus membersihkan wajah dalam sehari?

“Frekuensi pembersihan wajah secara normal adalah minimal dua kali sehari, yaitu sesudah beraktifitas rutin dan sebelum tidur,” ujar dr. Herwinda Brahmanti, MSc, SpKK, FINSDV dari Dept. Ilmu Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Univ.

Walau begitu, Winda, panggilan akrab dr. Herwinda menyebut bahwa pada kondisi tertentu, perlu dilakukan upaya ekstra dalam membersihkan wajah ini baik dalam frekuensi maupun jenis pembersih.

Pada kondisi tertentu membersihkan lebih dari dua kali atau menggunakan lebih dari satu jenis pembersih diperlukan,” ujar Winda.

“Misal bekerja di tempat yang panas dan berdebu memerlukan pembersihan lebih dari dua kali atau setelah menggunakan make up yang cukup tebal sebaiknya jenis pembersih lebih dari satu (cleansing milk dilanjutkan sabun),” sambungnya.

Walau pada beberapa kasus disebut perlu untuk melakukan pembersihan wajah lebih dari sekali, namun lebih sering belum tentu lebih baik. Bahkan Winda menyebut bahwa membersihkan kulit lebih sering bisa menimbulkan risiko kulit kering dan mengalami iritasi kulit.

Hal yang harus diperhatikan adalah membersihkan dengan frekuensi lebih sering belum tentu memberikan hasil yang lebih bagus,” jelas Winda.

Risiko kulit menjadi kering atau iritasi malah bisa terjadi,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram