Amankan Pemilu 2019, Mabes Polri Bantu Pertebal Pengamanan Daerah Rawan

POLITIKNKRI.Com-Mabes Polri akan mempertebal pengamanan pemilu terhadap daerah yang dinilai rawan. Penambahan personel pengamanan Pemilu 2019 akan dilakukan didaerah Sumatera Utara, Yogyakarta, Solo dan Sulawesi Selatan.

“Ada empat daerah yang jadi prioritas sasaran pengamanan legislatif. Pertama Sumut, kedua Jogja, Solo, dan Sulsel,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di sela rapat pimpinan (rapim) Polri 2019 di gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Rabu (30/1/2019).

Menurutnya, empat daerah itu akan menjadi fokus pengamanan yang akan diback up Mabes Polri. “Empat daerah ini jadi titik fokus pengamanan. Empat ini akan di-backup pengamanan Mabes Polri,” tambahnya.

Adanya potensi kerawanan jelang pemilu, jelas Dedi, diprediksi muncul lantaran partai-partai politik akan bersaing guna melawati syarat ambang batas parlemen.

“Bukan hanya fokus pengamanan pilpres (pemilihan presiden), tapi justru tingkat kerawanan tinggi adalah pileg (pemilu legislatif). Karena antarparpol bersaing dalam menentukan kuota dan parliamentary threshold 4 persen,” ujarnya.

Dedi mengatakan, potensi kerawanan yang diprediksi terjadi yakni, gesekan antar pendukung caleg. Adanya potensi ini sendiri merupakan hasil analisis intelijen Polri, sebagaimana melihat dari pengalaman saat masa pileg sebelumnya.

Menurutnya, para pendukung caleg dapat lebih militan ketimbang pendukung capres. Untuk itu, pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 memang menjadi bahasan utama Polri dalam rapim Polri tahun ini.

“Tidak tertutup kemungkinan juga akan terjadi gesekan para pendukung tiap caleg maupun partai politik. Ini perlu diantisipasi secara masif,” imbuh Dedi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram