4 Tanda Stres yang Bisa Terlihat dari Kulit

POLITIKNKRI.Com-Semasa hidup kita pasti mengalami stres, baik ringat maupun akut. Hormon kortisol yang dilepaskan saat stres bisa memporakporandakan keseimbangan tubuh, dan tandanya terlihat dari kulit.

Menjadi organ terbesar di tubuh manusia, kulit hampir sering terlupakan. Apalagi jika sedang stres, tak sadar keriput akan muncul walau usia masih terbilang muda. Dirangkum dari berbagai sumber, kamu bisa cek tanda-tanda stres yang ditunjukkan oleh kulit ini:

1.Kulit sensitif

Level kortisol yang abnormal bisa membuat kulit menipis, karena kortisol memecah protein kulit. Sehingga kulit tampak tipis seperti kertas dan rentan memar dan robek.

Gejala ini mirip dengan sindrom Cushing atau yang dikenal dengan hiperkortisolisme. Merupakan penyakit hormonal yang meliputi gejala tambahan seperti intoleransi glukosa, lemah otot, dan melemahnya sistem imun (sehingga rentan terkena infeksi).


2. Pemulihan luka lambat

Saat menghadapi stres parah, kulit bisa cepat melemah sehingga risiko terinfeksi dari patogen-patogen sekeliling meningkat. Hal ini juga melambatkan kemampuan alamiah kulit untuk menyembuhkan luka, bekas luka dan jerawat.

Jika kamu mengalami hal ini, carilah produk perawatan kulit yang mengandung gliserin dan hyaluronic acid. Kemudian konsumsi makanan kaya antioksidan untuk menguatkan penyembuhan internal kulit. Jangan lupa untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan banyak minum air.

3. Mata lelah dan kulit orbital

Jika kamu sering mendengar soal mata pandamu yang cukup kentara, berarti kamu kekurangan tidur dan mengalami stres. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba meditasi dan yoga agar membantumu cepat tidur.

Atau kamu bisa menggunakan aroma diffuser menggunakan minyak esensial dan yang paling mudah dilakukan adalah jauhi laptop, televisi, dan telepon seluler setidaknya dua jam sebelum tidur.

4. Garis-garis halus dan kerutan

Stres psikologis bisa meninggalkan jejak pada kulitmu, mulai dari garis-garis halus hingga kerutan, yang muncul karena gerakan wajah yang berulang-ulang. Kamu

bisa mencoba mencegahnya dengan face yoga dengan menargetkan otot wajah yang secara tidak sadar kita gunakan tiap hari.

Face yoga akan menggunakan teknik pemijatan yang berpusat pada area-area yang sangat tegang seperti kening, alis dan garis rahang. Latihan ini akan melawan pembentukan keriput dan membuat kulit menjadi lebih fleksibel dan elastis.

5.Stop siklus stres!

Walaupun begitu, stres tidak bermanifestasi sama pada tiap orang, namun pasti tiap orang mengalami stres hingga titik tertentu. Ketimbang membandingkan kadar stres dengan yang lain, lebih baik mencoba menghentikan siklus stres yang akan terjadi.

Yang bisa kita lakukan adalah mengontrol bagaimana kita bereaksi terhadapnya. Mengenali bagaimana stres bisa berdampak pada kulitmu bisa jadi salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram