Sejumlah Efek Menyehatkan dari Berkebun dan Memasang Tanaman di Dalam Rumah

POLITIKNKRI.com – Banyak orang memasang tanaman hias di dalam rumah untuk memperindah sudut-sudut rumah. Namun apakah terdapat efek menyehatkan dari kebiasaan yang satu ini?

Dilansir dari Medical Daily, dari menyebut bahwa keuntungan dari memasang tumbuh-tumbuhan telah banyak dipelajari. Selain karena dapat mendinginkan suasana, tetumbuhan hijau juga dapat memberi efek positif pada kesehatan mental.

Bahkan telah umum diketahui bahwa tanaman memberikan perubahan positif pada aktivitas elektrik otak, ketegangan otot, dan aktivitas jantung,” ujar Larcombe dari Edith Cowan University dilansir dari The Conversation.

Penelitian juga menemukan bahwa wanita yang terpapar tumbuh-tumbuhan baik di dalam maupun luar ruangan memiliki tingkat kematian lebih rendah dibanding rekan mereka yang lain. Hal ini juga mencakup rendahnya kematian oleh penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan kematian karena kanker.

Banyak orang menyebut bahwa melihat tumbuhan hijau dapat menimbulkan perasaan santai dan tenang. Pada pasien rumah sakit, diketahui bahwa mereka yang terpapar tananman hijau ini cenderung memiliki tekanan darah yang rendah, rasa sakit, kecemasan, dan kelelahan.

selain karena pemandangan yang dihasilkan, aroma tanaman juga dapat menimbulkan efek positif pada mood. Aroma tumbuhan seperti lavender dan melati diketahui dapat membantu menghadirkan ketenangan.

Berkebun baik secara kecil-kecilan di dalam ruangan dapat menimbulkan manfaat seperti terapi hortikultura. Interaksi secara aktif dengan tanaman di dalam ruangan ini baik hanya dalam bentuk memberi air setiap hari dapat membantu orang dewasa untuk sembuh dari stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

Melihat berbagai pengaruh positif yang dimiliki oleh tanaman ini pada kesehatan mental seseorang, maka penting untuk melakukannya. Karena melakukan tindakan kecil saja dapat berdampak positif, maka sebaiknya kamu mulai berkebun untuk meningkatkan kesehatan mentalmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram