Tulang Belakang Terasa Nyeri?, Atasi dengan Yoga

POLITIKNKRI.Com-Olahraga yoga memang terkenal untuk mengatasi masalah tulang. Gerakannya yang lembut dan tepat sasaran menjadi alasan kenapa olahraga ini bisa menyembuhkan beberapa masalah kesehatan.

Hal itu juga telah dikonfirmasi oleh Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Sub-spesialis Spine dr Phedy, SpOT-Spine.

“Ya, yoga bagus untuk tubuh manusia. Yoga itu salah satu olahraga yang ideal untuk melatih core muscle,” kata dr Phedy saat ditemui di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin 21 Januari 2019.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan yoga. Dr Phedy menyarankan Anda untuk tidak memaksakan tubuh untuk melakukan gerakan yang terlalu berisiko atau di luar dari kemampuan tubuh. Jadi, usahakan lakukan gerakan yoga secara bertahap dan benar sesuai dengan instruksi guru yoga.

“Jangan sekali-sekali Anda melakukan gerakan yoga yang menurut tubuh Anda itu terlalu berisiko. Sebab, ini yang malah akan menjadi bahaya untuk tubuh. Kalau Anda masih pemula, maka lakukan gerakan-gerakan sederhana, jangan langsung pose “jungkir-balik”,” sambung dr Phedy.

Dia menjelaskan bahwa yoga ini olahraga yang aman. Sebab, semua gerakan akan dilakukan dengan tepat sasaran dan biasanya memang ada manfaatnya untuk tubuh. Yoga juga biasanya dilakukan secara perlahan dan ini yang membuat setiap gerakan akan bermakna.

Lalu, bagaimana dengan pasien dengan keluhan nyeri tulang belakang yang ingin melakukan yoga untuk penyembuhan penyakitnya?

Dr Phedy mengatakan, dirinya memperbolehkan hal itu dilakukan. Bahkan, dia menyarankan pasiennya untuk tetap melakukan yoga jika sebelumnya dia sudah yoga atau ingin melakukan yoga. “Pasien kalau mau yoga, ya, silahkan. Saya biasanya menyarankannya,” ucapnya.

Tapi, apakah yoga ini benar bisa menyembuhkan nyeri tulang belakang?

“Untuk kasus backpain karena otot yang tegang, yoga bisa menyembuhkan. Tapi, beda cerita kalau pasien mengalami saraf kejepit. Kasus ini beda penanganan dan nggak akan sembuh dengan yoga. Jadi, harus tahu juga kondisi tubuh Anda dan sadar apa penanganan terbaiknya,” papar dr Phedy.

Dia menambahkan, hal yang penting diperhatikan pasien adalah mereka tetap boleh bergerak atau berolahraga selain dokter menyarankannya.

“Bagi saya, pasien mau melakukan gerakan untuk memperkuat core muscle, ya, sangat dipersilahkan. Selama kegiatan itu bertujuan untk nguatin core mucsle, ya, nggak masalah. Mau itu yoga, pilates, atau berenang nggak masalah,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram