Cara Mudah agar Terlihat Tetap Lebih Muda

POLITIKNKRI.com – Ternyata latihan ketahan seperti lari, berenang atau bersepeda bisa memperlambat tanda penuaan apabila dibandingkan dengan mengangkat beban setidaknya pada tingkat sel.

Diketahui juga jika para peneliti dari Jerman membagi 124 orang dewasa yang sehat tetapi tidak aktif berusia 30-60 tahun menjadi empat kelompok.

Satu kelompok melanjutkan rutinitas tidak aktif mereka. Sementara tiga lainnya berolahraga selama 45 menit tiga kali seminggu dalam 26 minggu. Mereka menjalani latihan ketahanan seperti melakukan pemanasan, empat putaran bergantian antara lari yang lebih cepat dan lebih lambat dan pendinginan.

Mereka juga menyelesaikan rangkaian latihan termasuk penekanan dada duduk, pulldown dan penekanan kaki.

Di akhir penelitian, orang-orang yang menjalani pelatihan daya tahan mengalami efek anti-penuaan. Efek ini muncul setelah peneliti memeriksa sel darah putih mereka sebelum dan setelah sesi latihan.

“Telomere meningkat. Ini penting dalam penuaan sel, kapasitas regeneratif, dan dengan demikian, penuaan yang sehat,” kata penulis studi Ulrich Laufs, MD, dari Universitas Leipzig di Jerman.

Namun, tidak berarti satu latihan atau yang lain lebih baik untuk kebugaran fisik Anda. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dengan jelas hubungan antara panjang telomer, aktivitas telomerase, dan pencegahan penyakit.

Ahli kesehatan menyarankan Anda melakukan 150 hingga 300 menit olahraga atau aktivitas fisik aerobik intensitas sedang per minggu, serta setidaknya dua sesi aktivitas penguatan otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram