Inilah Trik Mengingat Paling Ampuh Buat Si Pelupa, Terbukti Secara Ilmiah

POLITIKNKRI.com – Jika lain kali Anda harus mengingat sesuatu yang penting, entah itu tanggal lahir pacar atau deadline tugas, ambil pena dan kertas. Gambarlah sesuatu untuk membantu Anda mengingatnya.

Dalam sebuah penelitian yang akan diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition, para peneliti menemukan bahwa menggambar adalah metode terbaik untuk mempertahankan informasi baru. Metode tersebut lebih efektif daripada menulis ulang catatan, latihan visualisasi, dan memandang gambar secara pasif.

Bahkan jika Anda bukan seseorang yang pandai menggambar, teknik ini masih tetap efektif. Temuan ini sangat berharga bagi orang dewasa berusia lanjut dan pasien demensia, kata Melissa Meade, seorang kandidat doktoral dalam ilmu saraf kognitif di University of Waterloo di Kanada.

“Menggambar adalah tugas yang sangat sederhana, dan mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat,” katanya kepada The Huffington Post. “Misalnya, menggambar beberapa bahan makanan yang perlu kamu ambil nanti atau makanan yang ingin dimasak akan menghasilkan informasi yang di kemudian hari bisa diingat lebih baik daripada jika ditulis.”

Untuk melakukan penelitian, Meade dan timnya merekrut 48 orang dewasa mulai dari sarjana hingga manula dengan usia delapan puluhan.

Mereka diminta menulis lima belas kata dan membuat gambar dari lima belas kata lainnya. Di akhir penelitian, partisipan berusia tua dan muda menunjukkan memori yang lebih baik ketika mereka menggunakan gambar. Hasil ini bahkan lebih signifikan pada orang-orang dewasa yang lebih tua. Meade yakin bahwa menggambar berkaitan erat dengan memori yang lebih baik dibandingkan dengan teknik studi lain karena menggabungkan berbagai aspek dari informasi, yaitu aspek visual, spasial, verbal, semantik dan motorik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram