Brimob siap kawal debat capres

 POLITIKNKRI.com –  Debat perdana pemilihan presiden (Pilpres) 2019 yang akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam, akan diamankan oleh sekitar 3.000 personel gabungan TNI-Polri dengan persenjataan lengkap.

“Yang dipersenjatai yakni dari jajaran Brimob. Untuk mengantisipasi mana kala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” kata Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Darmanto di Jakarta Selatan, Rabu (16/1) kemarin, seperti diinformasikan melalui laman resmi NTMC Polri. 

Darmanto mengatakan, pada debat nanti ada empat ring pengamanan. Ring 1 dan ring 2 akan diamankan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Lalu lintas bicara pengamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas, plus pengawalan. Jadi kami nanti berada di ring 3 dan ring 4. Ring 1 ini di dalam gedung, ring 2 di luar gedung, ring 3 sudah di luar tapi yang ada jalannya, dan ring 4 di jalan raya,” papar Darmanto.

Ia mengatakan, jumlah pengamanan pada debat perdana ini tidak akan sama dengan debat kedua hingga kelima. Pasalnya, jumlah pengamanan dikerahkan sesuai situasi dan lokasi.

“Contoh, pola pengamanan kami di Hotel Bidakara nanti dengan Hotel Fairmont dan Hotel Sultan berbeda. Seperti Balai Sudirman tempatnya kecil, kemudian dia mendekati jalan raya,” jelasnya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menambahkan, pada debat capres-cawapres itu ada 100 pendukung dari masing-masin pasangan calon (paslon) yang masuk ke dalam ruangan. Ia berharap tidak ada pendukung yang membuat keributan.

“Jadi ada 200 orang di dalam ruangan. Kita berharap yang datang ke Bidakara untuk menjaga ketertiban kegiatan tersebut agar kegiatan itu aman dan lancar karena Jakarta adalah ibu kota negara, negara asing akan melihat proses demokrasi kita. Akan berpengaruh ke investor,” pungkas dia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram