Bandara Kulon Progo Terhubung Bus Damri hingga Kereta

POLITIKNKRI.Com-Akses menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dalam mengoperasikan bandara. Terlebih lagi bandara yang akan dioperasikan merupakan bandara baru dan lokasinya tidak di tengah kota.

Termasuk juga untuk Bandara Kulon Progo/New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan beroperasi bulan depan. Bandara ini akan terhubung kereta dari Yogyakarta.

“Nah, untuk yang di New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini rencana nanti ada kereta bandara yang langsung berhenti di bandara. Itu direncanakan akan diselesaikan di tahun 2020,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di kutip dari detikFinance┬ádi kantornya, Kemayoran, Jakarta seperti ditulis Rabu (27/3/2019).

Sementara ini, lanjut Faik, penumpang pesawat yang terbang melalui Bandara Kulon Progo bisa menggunakan kereta dari Stasiun Maguwo-Tugu-Wojo. Selanjutnya perjalanan dilakukan menggunakan bus Damri ke Bandara Kulon Progo.

“Jadi nanti rencana kan akses moda transportasi dari jalur lingkar selatan ada dua jalur kereta yaitu dari Stasiun Maguwo, Stasiun Tugu kemudian Wojo. Dari Stasiun Wojo kita siapin kendaraan Damri menuju bandara, sekitar 10 menit,” tutur Faik.

Nantinya, kereta bandara juga akan melayani penumpang hingga Stasiun Kedundang. “Kalau sekarang Wojo dulu, karena Wojo yang paling dekat dengan, tapi nanti yang akan masuk ke dalam bandara adalah dari Maguwo-Tugu-Stasiun Kedundang langsung masuk,” ujar Faik.

Selain itu, penumpang bandara juga bisa menggunakan bus Damri dari Yogyakarta, Purworejo hingga Candi Borobudur. Dengan demikian, akses ke Bandara Kulon Progo bisa semakin mudah.

“Damri juga sudah menyiapkan kendaraan bus yang akan dioperasikan secara reguler dari titik-titik yang potensial memanfaatkan Bandara Kulon Progo,” kata Faik.

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul Bandara Kulon Progo Terhubung Bus Damri hingga Kereta

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram