Bukan Hanya Beras Organik, Sragen Juga Siap Cetak Pengusaha Muda

POLITIKNKRI.Com-Kabupaten Sragen berlokasi tak jauh dari Kota Solo. Walau tidak sepopuler Solo atau kota-kota lain di sekitarnya, jangan remehkan Sragen karena daerah ini adalah pionir produsen beras organik.

Hal itu juga jadi salah satu alasan Founder KAHMIPreneur Kamrussamad, memilih Kabupaten Sragen jadi tempat selanjutnya diselenggarakan rangkaian Indonesia Young Entrepreneur Summit (YES) 2019.

“Potensi pertanian di daerah Sragen sangat besar. Kami ingin beras yang dihasilkan itu bukan hanya dari segi kuantitas besar tetapi juga dari segi kualitas bisa jadi konsumsi khususnya pada sektor-sektor pariwisata di kelas menengah atas,” jelas Kamrussamad kepada detikcom, Minggu (24/3/2019).

Selain mengangkat dari salah satu potensi utama Sragen yaitu beras organik, Kamrussamad juga menyebut ada dua alasan lainnya memilih Sragen. Pertama adalah dari sisi sejarah, yang mana di Sragen ditemukan fosil manusia purba.

“Menurut saya ini bisa menginspirasi lahirnya industri kreatif baru untuk di daerah ini,” jelasnya.

Selanjutnya yang kedua menurutnya Sragen juga memiliki berbagai industri olahan. Sayangnya selama ini industri olahan tersebut tumbuh belum maksimal.

“Inilah yang ingin kami dorong jadi industri menengah yang pada akhirnya besar,” ungkapnya.

Dengan tujuan itulah menurutnya Sragen YES 2019 ini dibuka menjadi dua event, yang pertama yaitu event festival UKM dengan 102 jenis produk dari seluruh Jawa Tengah. UKM yang hadir akan memamerkan kolaborasi dan bersinergi untuk meraih pangsa pasar yang besar.

“Yang kedua akan ada forum sharing dari para narasumber yang menurut kami jadi pelaku utama di industri kreatif seperti Atta Halilintar dan Zee Zee Shahab, dan tentu saja ada figur utama entrepreneur nasional yaitu Mas Sandiaga Uno,” jelasnya.

Lebih lanjut, secara keseluruhan ia menjelaskan latar belakang diselenggarakannya Indonesia YES 2019, yang di dalamnya termasuk Sragen YES 2019 adalah untuk menyiapkan generasi milenial dalam rangka menjawab tantangan bonus demografi yang diprediksi terjadi pada 2030.

Kamrussamad menyebut bonus demografi tersebut adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk menjadi negara yang kuat di bidang entrepreneurship.

“Ini adalah kesempatan bagi kaum milenial mengambil alih ekonomi. Apalagi dengan ekonomi digital, e-commerce, ini adalah peluang yang sangat baik. Kita lihat setiap tahun peningkatan nilai transaksi di e-commerce ini sangat fantastis, dan ini adalah peluang yang sangat baik bagi kaum milenial Indonesia,” jelasnya.

Sebagai informasi, Sragen YES 2019 digelar pada hari ini, tepatnya pada pukul 11.00-16.15 WIB di Sasana Manggala Sukowati Jalan Dr Sutomo, Sine, Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Seperti kota-kota sebelumnya, Sragen YES 2019 juga akan menghadirkan tokoh-tokoh muda sukses, di antaranya Sandiaga Salahudin Uno, Zee Zee Shahab, dan Atta Halilintar. Acara pun akan dimeriahkan dengan pembawa acara Chika Jessica dan Andre Taulani, serta penampilan dari penyanyi Cita Citata.

Acara Sragen YES 2019 mendapatkan antusiasme yang tinggi dari milenial Sragen dan sekitarnya. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pendaftar. Sebanyak 9.000 milenial mendaftar menjadi peserta, padahal gedung hanya mampu menampung 4.000 orang. Berdasarkan info panitia, peserta yang hadir mencapai lebih dari 10.000 orang.

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul Bukan Hanya Beras Organik, Sragen Juga Siap Cetak Pengusaha Muda

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram