TNI-Polri Siapkan Pasukan

MEULABOH – Sejumlah Polres dan Kodim 0105 di pantai barat selatan Aceh mengelar apel pasukan gabungan untuk pengamanan Pemilu 2019 pada Jumat (22/3). Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Rencong 2019 itu merupakan penegasan kalau TNI dan Polri siap menjaga agar pesta demokrasi pada 17 April 2019 tersebut berjalan aman, damai, dan lancar.

 

Di Kabupaten Aceh Barat, apel gabungan berlangsung di Lapangan Teuku Umar, Meulaboh dan dipimpin Kapolres AKBP Raden Bobby Aria Prakasa bersama Dandim Letkol Kav Nurul Diyanto. Apel pasukan itu diikuti personel TNI/Polri, Linmas, Satpam, dan lembaga terkait lainnya. Turut hadir, Danrem 012/TU, Kolonel Inf Aswardi, Ketua KIP Aceh Barat, T Novian Nukman, Muspida, dan pimpinan partai politik (parpol), serta organisasi masyarakat (ormas).

Setelah apel dilanjutkan dengan konvoi yang menelusuri sejumlah jalan dalam Kota Meulaboh. Danrem, Dandim, dan Kapolres, ikut serta dalam rombongan konvoi dengan menumpang Panser.

 

“Kami siap mengamankan Pemilu,” tegas Kapolres didampingi Dandim kepada wartawan, kemarin. Sejauh ini, ujar Kapolres, kondisi Aceh Barat aman, dan damai, serta tidak ditemukan hal yang dapat menganggu ketentraman masyarakat. “Kita berharap, pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

 

Aceh Jaya

Apel pasukan gabungan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 juga digelar di Lapangan Apel Kantor Bupati Aceh Jaya, Jumat (22/3). Apel pasukan tersebut dipimpin Kapolres Aceh Jaya, AKBP Eko Purwanto bersama Dandim 0114, Letkol Kav Andhie Suryatama, dengan komandan upacara Kapolsek Sampoiniet, Iptu Erwo Guntoro. Pada kesempatan itu, Kapolres Aceh Jaya membacakan sambutan Menko Polhukam Wiranto.

 

Hadir dalam apel pasukan gabungan tersebut, Asisten II Setdakab Aceh Jaya, Ketua Pengadilan Negeri Calang, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Jaya, Ketua KIP, Ketua Panwaslu, dan para undangan lainnya. Sedangkan peserta apel terdiri dari dua Peleton Kodim 0114/AJ, satu Peleton Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor, satu Peleton Dalmas, satu Peleton Gabungan Res Intel, satu Peleton Satpol PP dan WH, satu Peleton LLAJ, dan satu Peleton Linmas Aceh Jaya.

 

Konvoi Keliling Kota

Sementara itu, apel pasukan gabungan untuk pengamanan Pemilu 2019 juga digelar di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Rencong 2019 yang ikuti personel Brimob dan Polres, Kodim, POM, Linmas, dan sejumlah instansi lainnya berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Abdya, Jumat (22/3) pagi. Usai mengikuti apel, Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK, dan Dandim 0110 Letkol Arm Iwan Aprianto, beserta sejumlah pejabat lainnya, ikut konvoi bersama personel TNI/Polri mengelilingi Kota Blangpidie dengan mengendarai sepeda motor (sepmor).

 

Apel itu sendiri dipimpin Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK didampingi Dandim 0110, Letkol Arm Iwan Aprianto yang bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Kapolsek Babahrot, Iptu Rizal Firmansyah. Apel tersebut dimulai tepat pukul 8.00 WIB, diawali pemeriksaan pasukan oleh Kapolres AKBP Moh Basori SIK bersama Dandim 0110 Letkol Arm Iwan Aprianto, didampingi Komandan Apel, Iptu Rizal Firmansyah.

 

Pada kesempatan itu, AKBP Moh Barosi SIK membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Jenderal TNI (Purn) Dr H Wiranto SH, tentang kesiapan TNI-Polri dan komponen bangsa dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres 2019. Turut hadir dalam apel tersebut, Ketua Panwaslih Abdya, Ilman Sahputra, Ketua MPU, Tgk Muhammad Dahlan, dan sejumlah tamu undangan lainnya

 

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul TNI-Polri Siapkan Pasukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram