Ingatkan Lembaga Pengawas, Sri Mulyani: Uang Bisa Jadi Sumber Celaka

POLITIKNKRI.Com-Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan hari ini menjadi pembicaraan dalam Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2019. Rakornas tersebut mengambil tema ‘Penguatan APIP dalam mengawasi Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan yang Berkualitas.’

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani meminta aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) bisa mengawal keuangan pemerintah dengan baik. Pasalnya uang memiliki godaan yang tinggi.

“Keuangan negara, yang berhubungan dengan uang, godaannya banyak sekali. Uang bisa jadi sumber solusi dan bisa jadi sumber celaka. Banyak orang mudah tergoda uang,” kata Sri Mulyani di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Bahkan, orang yang ibadahnya bagus, menurutnya bisa tergoda ketika berhubungan dengan uang.

“Solat rajin, naik haji ada, umrah sering, puasa Senin-Kamis, waktu lihat uang lupa semua itu, kayak nggak ada koneksinya. Kayaknya uang itu dunia tersendiri. Karena manusia mudah tergoda, kita harus sadarai kelemahan ini dengan pengawasan yang baik,” lanjutnya.

Dia mengatakan, di internal pemerintah ada yang namanya inspektur jenderal (irjen) yang bertugas mengelola keuangan di tiap-tiap institusi pemerintah.

“Sistem pengawasan keuangan ada beberapa lapis. Pertama dalam internal organisasi itu lah aparat internal, biasanya namanya irjen. Kalau yang besar kita punya irjen,” ujarnya.

Yang jadi tantangan, lanjut Sri Mulyani, pada dasarnya pejabat tidak mau diawasi, apalagi yang memiliki jabatan tinggi.

“Kalau sudah jadi pejabat, makin tinggi jabatannya makin nggak suka diawasi. Jadi sebetulnya ujian manusia paling besar dirinya sendiri, gimana membuat sistem yang melengkapi kita untuk bisa kita diawasi. Peranan APIP penting sekali,” tambahnya

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul Ingatkan Lembaga Pengawas, Sri Mulyani: Uang Bisa Jadi Sumber Celaka

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram