Jonan Tambah Lampu Tenaga Surya di Kabupaten Bogor Jadi 1.000

POLITIKNKRI.Com-Pemerintah telah menyiapkan penerangan jalan utama tenaga surya (PJU-TS) atau lampu untuk dipasang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nantinya, PJU-TS akan digunakan untuk menerangi jalan-jalan yang masih gelap gulita di seluruh Kabupaten Bogor.

Setidaknya pemerintah telah menganggarkan 600 PJU-TS di Kabupaten Bogor. Namun, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan akan menambah jumlah PJU-TS di Kabupaten Bogor.

Penambahan itu dilakukan karena permintaan PJU-TS yang cukup banyak oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Mengenai Kabupaten Bogor itu dijelaskan 2019 tahun ini akan dibuat 600 (PJU TS), tapi yang diminta (Pemda Kabupaten Bogor) ada 2.000, kita ambil tengahnya 1.000 lah. Mohon titiknya disesuaikan untuk rakyat,” ujar Jonan saat meresmikan instalasi PJU-TS di Pondok Pesantren Nurul Huda, Ciampea, Rabu (20/3/2019).

Nantinya, Ditjen Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBTKE) Kementerian ESDM akan mencari cara agar tambahan 400 PJU TS dapat terealisasikan untuk masyarakat.

“Yang sudah dianggarkan 600, tapi pak Menteri minta ditambah jadi 1.000, sisanya nanti kita programkan ulang lagi. Total anggaran Rp 300 miliar,” ungkap Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBTKE) Harris.

Harris menilai tidak perlu menunggu perubahan anggaran pada APBN untuk 400 PJU-TS tambahan. Salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan barang sisa pelelangan PJU-TS.

“Nggak harus menunggu APBN perubahan. Misalnya umpama dari lelang kemarin itu ada sisanya, bisa dioptimalkan lagi nantinya,” ungkap Harris.

Sebelumnya, pada tahun 2018 Kementerian ESDM telah memasang 900 PJU-TS di seluruh Kabupaten Bogor. Pemasangan itu menerangi jalan sepanjang 45 km

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul  Jonan Tambah Lampu Tenaga Surya di Kabupaten Bogor Jadi 1.000

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram