Kemendagri Sebut Realisasikan Identitas Tunggal Telah Dilakukan Pemerintah

POLITIKNKRI.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berencana menggantikan tiga kartu sakti milik Jokowi dengan e-KTP. Dan rencana tersebut ternyata kini telah dimulai dilakukan oleh pemerintah.

Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo mengatakan, pihaknya melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mempersiapkan identitas tunggal. Dan saat ini beberapa kementerian dan lembaga telah melakukan kolaborasi data.

Sebenarnya E-KTP arahnya ke sana. Oleh karena itu, Dukcapil bekerjasama dengan seluruh lembaga ini, dalam kerangka menggunakan identitas tunggal, sehingga rekam medisnya tahu, terus kemudian terkait kepentingan Perbankan, kepentingan untuk kelakuan baik dan sebagainya, karena di sana ada chipnya,” katanya di kantornya, Jakarta, Senin (18/3). Dia menjelaskan, pemberlakuan identitas tunggal masih menunggu kesiapan dari kementerian dan lembaga lain. Sebab, Hadi mengungkapkan, Dukcapil telah menyiapkan ruang agar data e-KTP dapat terintegrasi dengan data lainnya.

Kesiapan dari Kementerian/Lembaga masing-masing. Dukcapil kan bikin wadah, bikin rongga. Ini tinggal digunakan. Dukcapil kerjasama, baik dengan Perbankan, Kesehatan, Pendidikan, yang saat ini di dalam pemerintahan Pak Jokowi-Jusuf Kalla sudah mulai dibuat,” ujarnya.

Hadi mengatakan, sampai saat ini sudah ada 1.669 lembaga baik pemerintah maupun swasta yang bekerjasama dengan Dukcapil. “Sekarang kan sudah ada 1.669 baik lembaga pemerintah maupun swasta, perbankan, yang bekerjasama dengan Dukcapil. Khususnya masalah kecelakaan, dan sebagainya. Itu untuk deteksi siapa, dan sebagainya. Jadi tanpa disampaikan, itu sudah jalan,” tutupnya.

Sebelumnya, Cawapres Sandiaga merasa miris dengan masalah negara Indonesia yang kaya raya ini dan SDM yang hebat seperti lapangan kerja untuk anak-anak muda. Emak-emak, lanjut Sandi, yang mengeluhkan biaya tinggi seperti pangan dan biaya listrik.

Prabowo-Sandi fokus masalah rakyat. OK OCE dan rumah siap kerja yang membuka 2 juta lapangan kerja baru, 2 juta wirausaha baru dan mengentaskan pengangguran sebanyak 2 juta dalam lima tahun,” jelas Sandi di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (17/3).

Sandi juga memastikan kesejahteraan guru, terutama honorer dan membereskan sistem pendidikan seperti mencabut Ujian Nasional (UN). Pasangan nomor urut 02 ini juga akan meliburkan sekolah dan kuliah selama Ramadhan seperti yang dilakukan oleh Gus Dur saat menjadi Presiden RI.

Karena Ramadhan adalah bulan toleransi. Harus meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama agar Indonesia menjadi negara yang makmur,” ujar dia.
Terkait masalah BPJS, kata Sandi, akan menjadi fokus untuk dibereskan dan pembayaran honor tenaga medis tepat waktu. Dia menegaskan, pihaknya tak akan membebani anggaran negara dengan membuat bermacam-macam kartu.

Keluarkan dompet, ambil satu kartu menjadi identitas kita yaitu KTP. KTP ini sudah ada chip canggih. Semua program kami ini cukup satu kartu, yaitu KTP,” tutup Sandi.

Seperti diketahui, pasangan Jokowi-Ma’ruf mengandalkan tiga kartu pendukung seperti Kartu Sembako Murah, Kartu Prakerja dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul Kemendagri Sebut Realisasikan Identitas Tunggal Telah Dilakukan Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram