Menteri Perindustrian Mengatakan Ada 12 Pabrik Gula Mau Dibangun di RI

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan akan ada belasan pabrik gula yang akan dibangun. Hal ini supaya swasembada gula bisa tercapai pada 2020 mendatang.

“Ada 12 pabrik baru yang akan didirikan di Jawa dan luar Jawa dan semuanya akan diberikan insentif oleh pemerintah,” kata Airlangga usai berdialog dengan petani tebu dan sopir angkutan tebu di PT KTM (Kebun Tebu Mas), Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Sabtu, (16/3/2019).

 

Airlangga menuturkan, produksi gula nasional saat ini hanya 2 juta ton, jauh dari angka konsumsi gula yang mencapai 6 juta ton per tahunnya. Jawa Timur merupakan daerah yang menjadi pemasok untuk mewujudkan swasembada gula nasional, sebab daerah ini menjadi penghasil gula. Pemerintah, tandas Airlangga, mendorong agar ketergantungan terhadap gula rafinasi berkurang.

 

“Gula ini industri unggulan di Jawa Timur, dan dengan kondisi geografis diandalkan sangat cocok industri gula,” terangnya.

 

Melalui gula yang merupakan bahan untuk makanan olahan, kata Airlangga, akan memaksimalkan ekspor produk makanan dan minuman. Makanan dan minuman menjadi andalan yang akan terus didorong untuk ekspor dan akan menyerap banyak tenaga kerja.

“Jadi ini kan (gula) bahan baku untuk makanan dan minuman. Jadi makanan dan minuman menjadi target ekspor dan merupakan salah satu ekspor andalan,” tuturnya.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul Menperin Sebut Ada 12 Pabrik Gula Mau Dibangun di RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram