Begini Capaian Kementerian Pertanian di Tangan Andi Amran Sulaiman

POLITIKNKRI.com  – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman berkunjung ke kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Kamis (14/3/2019).

Amran berkunjung didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel, Nurfitriani dan beberapa stafnya.

Pada kunjungannya itu amran memaparkan capaian yang telah diraih pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian, selama Ia menjabat.

Amran menjelaskan mulai dari ekspor dan investasi pertanian, PDB, inflasi bahan makanan/pangan, NTP dan NTUP, jumlah penduduk miskin, pertumbuhan jumlah mahasiswa pertanian, dan lain-lain.

Pada nilai ekspor pertanian, Amran memaparkan, sejak periode 20152018 nilai ekspor terus meningkat hingga mencapai angka 29,7 persen, dengan nilai total Rp1.764 triliun.

Pada 2018 nilai ekspor pertanian kita mencapai Rp499,3 triliun. Untuk mencapai itu beberapa program kami laksanakan seperti deregulasi kebijakan dan perizinan, pengendalian impor dan mendorong ekspor, sistem layanan karantina jemput bola, dan beberapa program lainnya,” jelas Amran.

Lanjut Amran, pun dengan nilai investasi pertanian yang selama empat tahun terakhir juga terus meningkat, dengan total investasi mencapai Rp270,1 triliun.

Untuk Produk Domestik Bruto, kakak kandung Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini mengungkapkan, akumulasi kenaikan PDB selama empat tahun mencapai Rp1.357,2 triliun, separuh dari APBN.

Untuk mendukung itu, kita telah merevisi perpres 72 tahun 2014, tender menjadi PL. Kami juga sudah refocussing anggaran untuk infrastruktur dan sarana pertanian, serta bantuan benih dan penerapan inovasi teknologi pertanian,” paparnya.

Untuk inflasi bahan makanan /pangan, Kementerian Pertanian menurutnya telah melakukan sesuatu yang bersejarah dengan mampu menurunkan inflasi pada angka 1,26 persen di tahun 2017, padahal di tahun 2014 masih di kisaran 10,57 persen.

Penurunan itu membuat Indonesia yang awalnya berada di peringkat tiga di dunia untuk inflasi pangan, sekarang sudah berada di peringkat 15,” imbuhnya.

Capaian-capaian tersebut, lanjut Amran, membuat jumlah penduduk miskin di pedesaan berdasarkan survei BPS juga menurun. “Jumlah penduduk miskin di pedesaan dari tahun 2013 ke 2018 turun sebesar 10,87 persen. Turun dari 17,74 juta jiwa, sekaramg menjadi 15,81 juta jiwa,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di makassar.tribunnews.com dengan judul Begini Capaian Kementerian Pertanian di Tangan Andi Amran Sulaiman

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram