Akhirnya Kementerian/Lembaga Sepakati Muatan Rancangan Inpres Baru PON 2020

POLITIKNKRI.com – Setelah melalui pembahasan yang panjang di tingkat Kementerian, rancangan Instruksi Presiden tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Olahraga serta Prasarana Pendukung dalam Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di provinsi papua.

Dalam waktu dekat rancangan ini akan segera disampaikan ke Presiden Jokowi. Hal Ini merupakan salah satu hasil akhir dari Rapat Finalisasi Rancangan Instruksi Presiden tentang dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI yang diselenggarakan di Hotel Aston Bogor 13-15 Maret 2020.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto dan dihadiri oleh perwakilan Kementrerian/Lembaga serta Asisten II Bidang Perekonomian Pemprov Papua, Kepala Bappeda provinsi papua, Inspektorat provinsi papua, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi papua dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah provinsi papuadi Jakarta.

Pertemuan dua hari ini sangat produktif dan akhirnya dapat menyelesaikan Rancangan Inpres tersebut untuk segera disampaikan ke Bapak Presiden. Kemenpora menjadwalkan pertemuan sekali lagi dengan Seluruh Kementerian/Lembaga sebelum Inpres ini benar-benar disampaikan ke Presiden melalui Menteri Pemuda dan Olah Raga sebegai Pemrakarsa.

Seluruh yang hadir dalam pertemuan ini telah menyepakati muatanmuatan yang ada di dalam Inpres, dengan penambahan-penambahan beberapa hal penting dan strategis, seperti penanganan jalan alternative

di Jayapura sebagai penunjang PON dan Wisma Atlit di beberapa lokasi” ujar alexander Kapisa, Kepala Badan Penghubung Pemerintah provinsi papua di Jakarta, Kamis 14 Maret 2020.

Dalam rilis yang diterima redaksi Bisnis Papua Untuk itu Menteri pemuda dan Olahraga, akan segera mengirimkan rancangan Inpres PON ke presiden setelah pertemuan terakhir yang akan segera dijadwalkan oleh Kemenpora.

“Setelah rancangan ini disempurnakan dengan mengacu pada hasil rapat dua hari ini. pada pertemuan selanjutnya hanya perlu penegasan dari masing=masing Kementerian/Lembaga mengenai muatan-muatan bahwa telah sesuai dengan usulan masing-masing. Pemprov sih inginnya segera saja difinalkan agar tidak menunggu lama lagi Inpres ini terbit. Kami berharap Bapak presiden dapat segera manandatangani Inpres ini karena sangat penting dalam proses penyiapan pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI,” terangnya dalam rilis.

Sebagaimana diketahui setelah road show gubernur papua lukas enembe ke beberapa Kementerian /Lembaga pada bulan November disimpulkan untuk meminta kepada Presiden agar berkenan menerbitkan Inpres baru tentang PON. Karena beberapa venue yang harus segera disiapkan sampai saat ini belum dikerjakan.

Beberapa Menteri, khususnya Menteri PUPR bersedia untuk membantu pembangunan/penyiapan venue-venue yang dibutuhkan selama hal tersebut dimuat dalam Inpres, sebagaimana yang dilakukan pada saat penyiapan venue-venue Asian Games yang baru lalu.

Artikel ini telah tayang di bisnis-papua.com dengan judul Akhirnya Kementerian/Lembaga Sepakati Muatan Rancangan Inpres Baru PON 2020

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram