Mantap! Siswi Asal Surakarta Ini ‘Gantikan’ Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

POLITIKNKRI.com – Dalam rangka menyambut Hari Perempuan Sedunia (International Women’s Day), Kementerian Keuangan dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia memilih 3 perempuan untuk menjadi Menteri Keuangan dan Pejabat Kementerian selama satu hari, lewat program Girls Take Over.

Adapun, yang menjadi pemenang untuk menjalani peran sebagai Menteri Keuangan selama satu adalah Tania, pelajar perempaunyang berusia 15 tahun yang berasal dari Surakarta.

Tania terpilih sebagai satu pemenang setelah melewati proses seleksi oleh panitia. Terdapat lebih dari 660 vlog bertema ‘Kesetaraan Bagi
Perempuan di Kementerian Keuangan’ yang diterima oleh panitia penyelenggara.

Hackathon 2019, Strategi Kemenkeu Dorong Generasi Muda Peduli APBN

Tania dipilih karena memiliki ide atau gagasan program yang orisinil, kreatif, dan inovatif yang tertuang dalam esai yang ia tulis. Selain itu, Tania juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi serta artikulasi yang lugas dalam menyampaikan gagasannya secara singkat dan jelas.

Selain Tania yang mengambil peran sebagai Menteri Keuangan, dua anak terpilih lainnya, yaitu Maria dan Putri masing-masing menggantikan posisi Direktur Jenderal Pajak serta Direktur Jenderal Bea dan Cukai.

Usai melalui masa seleksi, ketiga anak perempuan terpilih menjalani serangkaian pelatihan dan pembekalan pengetahuan mengenai kepemimpinan, serta pemaparan terkait peran yang akan diambil dalam sehari.

Setelah pembekalan ketiganya juga memimpin sejumlah rapat bersama jajaran eselon I dan II Kementerian Keuangan selama satu hari. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengungkapkan harapan dan kebanggaannya kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan ‘Yuk, Jadi Menteri Keuangan Sehari’.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini melanjutkan, banyaknya anak perempuan yang berpartisipasi dalam kompetisi ini membuktikan bahwa anak-anak perempuan di Indonesia punya kemampuan menjadi pemimpin.

Sudah saatnya anak-anak perempuan ikut andil di bidang perekonomian. Kita semua wajib memberi mereka kesempatan untuk belajar dan meraih ilmu setinggi-tingginya,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Minggu (10/3).

Sri Mulyani menambahkan, upaya ini merupakan investasi kita bersama agar kelak di masa depan Indonesia memiliki banyak perempuan pemimpin yang ahli dan cekatan di bidang perekonomian.

Jadi ke depannya, akan lebih banyak perempuan yang dapat menjadi pemimpin, khususnya menteri keuangan seperti saya,” imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di jitunews.com dengan judul Mantap! Siswi Asal Surakarta Ini ‘Gantikan’ Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram