Sinergi Ormas dan Pemerintah dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

POLITIKNKRI.com – Organisasi Kemasyarakatan atau Ormas memiliki peran penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Pada era kebangkitan nasional tahun 1908, kita tentu masih ingat bagaimana Dr. Soetomo melalui Ormas Budi Oetomo berperan penting dalam membangkitkan semangat kebangsaan, lalu ini berlanjut dengan peran Ormas Pemuda pada Sumpah Pemuda 1928, gerakan Ormas Perempuan, dan bagaimana gerakan Pemuda dan Ormas mendorong Bung Karno dan Bung Hatta untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Peran Ormas ini terus berlanjut hingga sekarang. Peran serta Ormas dalam pembangunan bangsa ini tentunya mendapatkan apresiasi dari pemerintah.

Oleh karena itu, Kementerian Dalam Negeri RI melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum mengadakan kegiatan Forum Kemitraan Dengan Ormas dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kelompok Perempuan, Penyandang Difabel dan Kelompok Rentan/Marjinal Lainnya pada tanggal 5 Maret 2019 bertempat di Ballroom Hotel Grand Zuri Palembang dan dihadiri oleh 100 Orang Perwakilan Ormas di Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Lutfi TMA, mewakili Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum.

Lutfi berharap kiprah Ormas di masa lalu yang berperan penting dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa ini bisa diteladani oleh Ormas di masa kini. Ormas harus berperan serta dalam mendukung program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintahan Jokowi-JK saat ini.

Sudah banyak program nyata yang telah diwujudkan Pemerintah saat ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan infrastruktur, BBM satu harga di Papua, Jaminan Kesehatan Nasional, dan transparansi penerimaan Aparatur Sipil Negara adalah beberapa program yang telah dilaksanakan pemerintah dalam rangka mewujudkan keadilan sosial di masyarakat,” ujar Lutfi.

Ormas berperan penting dalam mendukung dan mengawal agar segala program pemerintah tersebut bisa tercapai dengan baik sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul Sinergi Ormas dan Pemerintah dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram