Kata Psikolog, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

POLITIKNKRI.Com-Mencegah memang mudah daripada mengobati, termasuk dalam masalah anak kecanduan gadget. Anda bisa gunakan berbagai cara untuk membuat si kecil tidak kecanduan benda elektronik yang satu ini. Namun, apa jadinya kalau anak Anda sudah kecanduan? Bagaimana cara mengatasinya? Nah, kami punya tips jitu dari psikolog klinis anak, Anita Chandra M.Psi,.

1. Beri pengertian
Nah, pasti sudah, kan, lepas dari gadget selama di rumah dan berusaha supaya tidak terlihat anak? Apalagi jika pekerjaan Anda memang mengharuskan dekat dengan gadget. Anita menyarankan Anda untuk memberikan pengertian pada anak kalau yang Anda lakukan adalah bekerja. Namun, benar-benar kerja, ya.

2. Ciptakan kegiatan pengganti
Anak bermain gadget karena dia tidak memiliki kegiatan lain. Apalagi jika anak dibiarkan saja tanpa pengawasan. Ajak anak melakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan dan mampu menstimulasi sensori dan motoriknya, seperti mewarnai, menggambar, bermain di luar rumah atau naik sepeda. Keinginannya untuk main gadget pasti hilang.

3. Hindari kontak dengan gadget
Menurut Anita, kecanduan adalah sebuah kebiasaan yang muncul karena ada pencetusnya. Nah, tugas Anda adalah menghilangkan pencetusnya itu. Jangan meletakkan gadget di tempat yang mudah dijangkau anak dan kalau bisa hindari bermain gadget di depan anak. Nanti dia pasti ingin meniru Anda.

4. Minta bantuan orang sekitar
Anda tidak bisa sendiri dalam penerapkan pembatasan gadget demi menyembuhkan kecanduan anak. Jika keempat tips di atas sudah Anda lakukan, tetapi tidak oleh orang di sekitar Anda, terlebih pada tips kedua, maka usaha Anda percuma. Buat keluarga, saudara, dan teman di sekitar Anda memahami peraturan yang Anda sudah terapkan pada anak.

Anita mengatakan kalau kecanduan gadget pada anak bisa dihilangkan, terlebih pada anak usia 5 tahun ke atas atau usia sekolah. Asal Anda tekun dan disiplin dalam menerapkan 5 hal di atas.

5. Ciptakan quality time
Masih melanjutkan tips sebelumnya, Anda bisa menciptakan quality time bersama anak, apalagi saat di rumah. Bagi waktu khusus untuk bekerja, Anda bekerja dengan gadget dan anak belajar, dan waktu untuk bermain. Setelah waktu bekerja selesai, luangkan waktu Anda untuk bermain dengan anak. Waktunya yang benar-benar berkualitas dan tanpa gadget, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram