Kasat Brimob Polda NTT: Kami Siap Layani Masyarakat

POLITIKNKRI.com – Kasat Brimob Polda NTT, Kombes Pol Deonijiu de Fatima, SIK mengatakan, pihaknya siap untuk melayani masyarakat, Selasa (26/2/2019).

Hal tersebut disampaikannya saat diwawancarai POS-KUPANG.COM di sela kegiatan perekaman masal E-KTP dan pencetakan Akta Kelahiran serta Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat Kota Kupang di Mako Brimob Polda NTT.

Dijelaskannya, kegiatan yang diinisiasi oleh pihak Brimobda Polda NTT yang bekerjasama dengan Dispendukcapil Kota Kupang merupakan satu pendekatan pelayanan kepada publik.

Kami menunjukkan bahwa salah satu tugas kepolisian adalah memberikan pelayanan mengayomi dan melayani dan ini melayani masyarakat,” ujarnya.
Dia menjelaskan, kegiatan tersebut diawali dari keadaan dimana banyak diantara anggotanya yang belum memiliki dokumen kependudukan.

Saat berkoordinasi dengan instansi terkait, pihaknya pun mengusulkan untuk pelayanan kepada anggotanya disatukan dengan pelayanan kepada seluruh masyarakat.

Pihaknya menerjemahkan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat melalui koordinasi dan kerja sama yang baik dengan pemerintah Kota Kupang.

Karena itu salah satu program dari dari POLRI adalah untuk melayani publik, salah satunya adalah pembuatan KTP,” katanya. Dia menuturkan, target perekaman E-KTP mencapai 4.000 KTP sesuai dengan blangko yang disediakan oleh Dispendukcapil Kota Kupang.

Dari Dukcapil menyiapkan kartu blangkonya 4000, kalau 4000 kurang beliau masih meminta lagi barang tersebut dan satu atau dua hari dikirim. itu bisa melayani banyak masyarakat,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut juga melayani EKTP yang hilang atau rusak, pembuatan KK, Akta Kelahiran dan pengurusan surat kehilangan.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga Kota Kupang merasa terbantu adanya layanan kependudukan di Aula Mako Satuan Brimobda NTT, Senin (25/2/2019) pagi.

Layanan kependudukan yang didapatkan di tempat tersebut yakni pembuatan dan perekaman E-KTP, E-KTP yang hilang atau rusak, pembuatan KK, Akta Kelahiran dan pengurusan surat kehilangan. Kegiatan tersebut terselenggara atas inisiasi dari pihak Satuan Brimobda NTT yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang.

Seorang warga Kota Kupang, Erik Patola (27) kepada POSKUPANG.COMsaat mengantre untuk pelayanan EKTP mengungkapkan, dirinya sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

Menurutnya, warga tidak perlu lagi ke kantor Dispendukcapil untuk mendapatkan layanan kependudukan yang terkesan berbelit-belit dan lama.

Saya dapat informasi dari pesan WA. Sampai di sini ternyata sudah ramai dengan warga,” jelasnya.

Diakuinya, pelayanan saat itu membantu masyarakat, Namun, lanjut Erik, semestinya operator perekaman E-KTP harus ditambah sehingga antrean tidak menumpuk.

Kalau operator tambah lagi kan lebih cepat, apalagi warga antre hingga di bagian luar aula,” ujarnya.

Sementara itu, warga Kota Kupang Lainnya, Hesty Jesika (22) memberikan apresiasi kepada pihak Satuan Brimobda NTT yang telah menginisiasi sekaligus menyediakan tempat.

Saat mendengar adanya pelayanan kependudukan, bersama tiga orang saudaranya langsung menyempatkan waktu untuk melakukan perekaman E-KTP.

“Saya dari jam 7 pagi sudah di sini,” katanya ketika ditemui di Aula Mako Satuan Brimobda NTT.

Dirinya berharap pelayanan serupa dapat dilakukan lagi karena sangat membantu masyarakat.

Kalau dibuat lagi mungkin direncanakan dengan baik seperti sistem antre, karena dari pagi kami belum rekam E-KTP,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram