Nyesek, Cuma Nyium Aroma Makanan Enak Aja Bisa Nambah Berat Badan Loh!

POLITIKNKRI.Com-Umumnya orang akan cepat merasa lapar ketika mencium aroma wangi dari makanan. Aroma lezat yang berasal dari makanan nmemang merupakan salah satu faktor penambah kenikmatan makanan. Ternyata gak cuma bisa merangsang nafsu makan, aroma wangi pada makanan juga bisa memicu kenaikan berat badan seseorang.

Biasanya orang akan menghabiskan makanan yang aromanya wangi dan enak meskipun rasanya tidak terlalu enak. Dilansir dari laman newatlas, penelitian dilakukan di University of California, Berkeley tentang aroma makanan terhadap tikus. Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Andrew Dillin dan Celine Riera ini menggunakan terapi gen yang menghilangkan indera penciuman pada tikus dewasa.

Efeknya, tikus tersebut akan kehilangan indera penciumannya selama tiga minggu. Selama tiga minggu, dua kelompok tikus berbeda diberi diet tinggi lemak. Meskipun keduanya makan dengan jumlah makanan yang sama, tikus yang kehilangan indera penciumannya mengalami kenaikan bobot 10%, sedangkan tikus yang lain bobotnya naik 100%.

Selain itu peneliti mendapati tikus yang sudah gemuk dan daya penciumannya dihilangkan, berat badannya akan menjadi normal. Meskipun yang berkurang hanya kadar lemak, bukan otot atau massa tulang. Tikus yang mengalami gangguan glukosa menjadi normal kembali saat berat badannya berkurang.

Meskipun penelitian ini masih terus dipelajari untuk memahami apa yang terjadi, para ilmuwan mempercayai kalau hal ini juga akan terjadi pada manusia. Apalagi mengingat kalau manusia lebih sensitif terhadap bau ketika sedang lapar.

‘Sistem sensorik berperan pada proses metabolisme tubuh. Berat badan tidak hanya dari kalori yang dikonsumsi, tetapi juga terkait dengan bagaimana makanan itu dirasakan’, kata Dillin.

Menghilangkan indera penciuman tikus tentu saja berbahaya. Hal tersebut dapat membuat kadar noradrenalin pada tikus meningkat dalam jumlah besar yang menimbulkan hormon stres. Pada manusia dapat menyebabkan serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram