Meski Sangat Rendah Kalori, Ahli Gizi Ini Tak Merekomendasikan Mi Shirataki

POLITIKKNKRI.Com-Bagi penggemar mi atau pasta, berdiet tentu jadi hal yang berat. Kita semua pernah rindu makan mi ayam saat sedang diet, kan? Dengan hadirnya mi shirataki, penyuka mi boleh bernapas lega karena mereka tetap bisa menikmati hidangan kesukaan tanpa takut kelebihan kalori.

Ya, dengan jumlah kalori hanya sekitar 20 per mangkuknya dan 6 gram karbohidrat, mi shirataki jadi alternatif lebih baik ketimbang semangkuk mi atau pasta yang mengandung sekitar 84 gram karbohidrat dan 400 kalori. Namum, benarkah mi shirataki memang opsi yang lebih ideal bagi mereka yang sedang berdiet atau memperbaiki pola makan?

Kaleigh McMordie, MCN, RDN, seorang ahli gizi dari Texas, AS tak berpendapat demikian. Perlu diketahui bahwa kandungan mayoritas mi shirataki adalah air, mencapai 97%. Sisa 3% adalah serat, yang tentu saja baik bagi pencernaan dan akan mengisi perut Anda sehingga membuat Anda cepat kenyang. Perlu diingat juga bahwa makanan lebih dari sekadar substansi untuk mengisi perut. “Inti dari makanan adalah untuk memberikan nutrisi dan kepuasan bagi tubuh, dan ‘mi ajaib’ seperti shirataki ini tak bisa memberikan keduanya,” ujar Kaleigh.

Menurut Kaleigh kepada Refinery29, jika Anda sedang ingin makan mi atau pasta betulan tetapi memilih mi ‘kosong’ ini, Anda mungkin akan merasa kenyang, tetapi rasa ingin makan pasta Anda tak terpuaskan—dan akhirnya membuat Anda mencari cara atau makanan lain untuk memuaskan keinginan yang tak tercapai itu. Ujung-ujungnya, makanan yang diasup jadi lebih banyak dan diet pun gagal. Solusi terbaik, ia berpendapat, adalah dengan makan mi atau pasta betulan dengan varian yang lebih sehat, seperti whole wheat, tentunya dalam jumlah wajar.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
Instagram