5 Aturan Penting Saat Makan Menurut Budaya China

POLITIKNKRI.Com-Orang China sangat mementingkan etika saat makan. Mulai dari posisi duduk hingga pemakaian sumpit yang tak boleh sembarangan.


Imlek lekat dengan kegiatan makan bersama keluarga. Kalau Anda menikmati santapan bersama orang-orang yang masih memegang teguh budaya China, 7 aturan ini harus ditaati. Dilansir dari China Highlights (31/1), inilah etiket makan menurut budaya China.

1. Posisi duduk
Budaya China mengenal aturan posisi duduk saat makan bergantung pada jenis meja yang dipakai. Di meja bulat, kursi kehormatan ialah yang posisinya menghadap pintu masuk. Disusul posisi kehormatan selanjutnya dari sisi kiri tamu kehormatan pertama.

Yang dimaksud tamu kehormatan bisa merupakan orang yang paling dituakan atau yang statusnya paling tinggi. Sementara di meja kotak, aturannya juga sama yaitu yang menghadap pintu masuk. Di sebelah kanan tamu kehormatan pertama bisa diisi tamu kehormatan lainnya. 

2. Aturan saat bersantap
Yang terpenting adalah tidak makan sebelum orang yang paling dituakan mengajak seluruh tamu untuk makan. Saat menemukan makanan favorit, Anda harus mengambilnya perlahan alias tidak boleh langsung mengambil banyak. Saat makanan itu tersisa sedikit, Anda juga perlu mempertimbangkan sekaligus menanyakan apakah ada tamu lain yang mau memakannya. Kalau tidak, barulah Anda bisa menghabiskannya.

3. Makan dengan anggun
Elegance atau keanggunan adalah aspek penting lain dari etiket makan gaya China. Anda harus makan dengan mulut tertutup dan mengusahakan tidak mengunyah makanan terlalu banyak sekaligus. Saat ada duri atau tulang dari makanan yang Anda santap, singkirkan dengan sumpit atau tangan lalu taruh di sisian piring. Jangan langsung mengeluarkannya dari mulut.

4. Pemakaian sumpit
Hindari menyilangkan sumpit di atas mangkuk karena bermakna kematian. Sebaiknya taruh kedua sumpit dalam posisi sama sama melintang di atas mangkuk. Lebih sopan lagi, taruh sumpit di sandaran sumpit yang disediakan. Hindari juga bermain-main dengan sumpit atau menusuki makanan dengan sumpit.

5. Sikap terima kasih
Santap dalam budaya China identik dengan sajian teh. Biasanya teh akan dituangkan pada tamu sambil menunggu mereka membaca menu dan memutuskan apa yang mau dipesan. Untuk mengucapkan terima kasih sekaligus memberi tanda tehnya sudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram